Ketika Berlibur, Anda Tetap Harus Mewaspadai Resiko-resiko Berikut



Manusia hidup dikelilingi risiko, bahkan saat berlibur sekalipun risiko bisa tetap muncul. Namun, tidak ada yang bisa kita lakukan agar terhindari dari risiko tersebut. Manusia bisa berikhtiar agar dampak yang ditimbulkan dari risiko bisa diminimalisir.

Bicara soal risiko saat berlibur berikut ini hal-hal yang bisa saja terjadi saat berlibur dan cara meminimalisir dampaknya:

Bencana alam


Anda tentu masih ingat kisah tsunami dahsyat yang menghantam pesisir Aceh pada tahun 2004 silam? Saat itu Aceh bukan satu-satunya daerah yang tertimpa musibah. Beberapa negara di Asia Tenggara juga terkena dampaknya. Salah satunya adalah daerah wisata pantai di kawasan Thailand. Bayangkan bila Anda sudah membeli tiket pesawat dan membayar hotel di lokasi berlibur, tentu Anda akan mengalami kerugian bila bencana alam tersebut terjadi beberapa waktu sebelum Anda berlibur.

Serangan teroris



Siapa sangka kota seindah Paris Prancis juga bisa menjadi sasaran aksi terorisme? Bahkan, lantaran aksi terorisme yang sempat mengguncang Paris tersebut, sejumlah wisatawan dari berbagai dunia membatalkan rencana perjalanan baik untuk bisnis maupun kepentingan liburan ke kota tersebut. Bila Anda adalah salah satu di antara wisatawan tersebut, tentu Anda tidak berpikir dua kali untuk membatalkan perjalanan. Namun, tentu kerugian yang Anda derita tidak sedikit mengingat biaya perjalanan dan penginapan di Paris tidak murah.

Perusahaan tur dan travel bangkrut



Meski akses terhadap alat transportasi dan penginapan semakin terbuka seiring munculnya e-dagang, masih banyak orang yang menggunakan jasa tur dan travel untuk berpergian bahkan berlibur. Apalagi jika tujuan wisatanya berada di luar negeri. Traveler yang belum berpengalaman pasti menggunakan jasa tur dan travel untuk melancarkan perjalanan.

Namun, bukan berarti risiko hilang sama sekali. Salah satu risiko yang bisa saja muncul adalah perusahaan yang Anda pilih mengalami kesulitan keuangan bahkan bangkrut sebelum Anda berhasil pergi ke negara tujuan. Jika sudah seperti ini kerugian yang Anda derita tidak sedikit. Apalagi jika perusahaan tersebut tidak dapat diminta pertanggungjawabannya karena telah diputuskan bangkrut oleh pengadilan.

Terlibat kecelakaan



Anda terlibat dalam sebuah kecelakaan dan tidak mendapatkan penanganan medis yang menurut Anda memadai. Anda ingin pindah untuk mendapatkan pelayanan yang lebih memadai. Siapa yang akan melakukan koordinasi evakuasi medis yang akan Anda lakukan?
loading...
Top
loading...