Keren! Ternyata Ini yang Bikin Model Uang Baru Sulit Dipalsukan

Seperti yang kita tahu, mata uang Indonesia telah diperbarui. Selain tampil baru, ternyata model uang terbaru ini juga sangat sulit untuk dipalsukan. Bagaimana bisa?



Gubernur Bank Indonesia(BI) Agus Martowardojo model uang rupiah baru masuk dalam kategori uang teraman di dunia. Hal itu dikarenakan ada sekitar 9-12 tipe pengaman yang ada didalamnya. Direktur Eksklusif pengelolaan Uang BI Suhaedi, juga menyebutkan jika rupiah saat ini memiliki 3 level pengamanan dan menjadi mata uang paling kompleks dalam pengamanannya.

Dikutip dari liputan6, Dijelaskan Suhaedi, kategori sistem pengamanan uang suatu negara terdiri dari tiga level. Level 1 (terbuka) yang berarti unsur pengamannya dapat dideteksi tanpa bantuan alat (3D), level 2 (semi tertutup) yakni unsur pengaman dapat dideteksi dengan alat sederhana seperti kaca pembesar dan lampu ultraviolet (UV), serta level 3 (tertutup) yang hanya dapat dideteksi dengan mesin sortasi milik Bank Sentral atau peralatan laboratorium.

Setelah resmi dirilis, uang baru tersebut langsung mendapat komentar beragam dari masyarakat. Salah satu pengguna Facebook bernama Mulyadi Romy, mengunggah foto-foto uang rupiah baru tersebut saat dideteksi dengan lampu ultraviolet.

Mulyadi yang kebetulan seorang numismatik (kolektor uang), menunjukkan betapa cantik dan kerennya uang baru di bawah lampu ultraviolet. Foto-foto tersebut kini telah dibagikan lebih dari 6.000 kali dan disukai lebih dari 800 kali.
Top