Katanya Sih Bikin Perut Mules, Tapi Ternyata Sarapan Es Krim Bikin Otak Cerdas!


Apa yang biasanya menjadi menu favorit di pagi hari yang segar dan cenderung dengan hawa dingin? Pastinya sepiring sarapan panas seperti nasi goreng, atau sandwich dengan potongan daging dan telur mata sapi yang masih berasap. Sungguh lezat jika membayangkannya. Akan tetapi, bagaimana jika mengawali pagi hari dengan ice cream yang dingin sebagai teman makanmu?

Baca juga : Cukup Tidur atau Rutin Berolahraga, Jika Disuruh Memilih, Mana yang Lebih Penting?

Satu scoop es krim saat sarapan ternyata bisa mendongkrak kinerja otak secara tak terduga lho! Hal ini ditemukan oleh para ilmuwan dari Jepang. Eksperimen yang dilakukan oleh Yoshihiko Koga, seorang profesor di Kyorin University di Tokyo. Para subyek penelitian makan tiga sendok penuh es krim di pagi hari.

Kemudian mereka menggunakan komputer untuk menyelesaikan sejumlah latihan mental. Koga menemukan orang yang makan es krim memiliki waktu reaksi dan memproses informasi lebih baik dibandingkan grup lain yang tak sarapan. Dilansir dari Excite News.

Gelombang otak pun diukur selama eskperimen oleh Koga. Ia melaporkan peningkatan gelombang alfa, yang berhubungan dengan konsentrasi, relaksasi dan koordinasi mental pada grup yang makan es krim. Koga kemudian melakukan eksperimen sama dengan air dingin untuk mengecek apakah suhu es krim yang membuat para subyek penelitian jadi terjaga.


Baca juga : Selain Terlihat Indah, Ternyata Senyuman Juga Punya Dampak Kesehatan yang Luar Biasa!

Sementara itu, mereka yang minum air dingin memperlihatkan peningkatan kinerja dan kewaspadaan mental. Namun efeknya tak sekuat es krim. Prof. Koga adalah ahli di bidang psikofisiologi, cabang psikologi yang berhubungan dengan interaksi antara tubuh dan pikiran. Risetnya berfokus pada efek makanan dan bau-bauan tertentu terhadap stres juga anti penuaan, menurut laman profil di situs milik universitas.
loading...
Top