Kanker Sarkoma Ewing Bermula Hanya dari Benjolan yang Patut Kita Waspadai

Komentar
Jakarta Baru-baru ini beredar kisah seorang gadis cantik bernama Loly yang menderita kanker ganas. Namanya Kanker Sarkoma Ewing. Dilansir dari CNN, kanker ini termasuk kanker tulang yang sangat langka di Indonesia. Sementara itu, menurut data publikasi ilmiah Achmad Fauzi Kamal dari Departmen Ortopedi dan Traumatologi RSCM pada 2011 menyatakan kejadian ini hanya 0,3 kasus per satu juta remaja usia 15-19 tahun di Negeri Paman Sam.



Loly bercerita di akun Instagramnya, awal mula kakinya hanya bengkak, lantas menjadi kaku dan sangat sakit. Hal ini senada dengan pernyataan Achmad kepada CNN. Dia menjabarkan, gejala paling umum kanker ini merupakan benjolan dan  nyeri.

Baca Juga : Kondisi yang Memprihatinkan, Sarkoma Ewing, Kanker Tulang Langka yang Diderita Loly

Lebih jauh, Achmad mengatakan kanker ini juga lebih sering menyerang ekstremitas atau tulang gerak yang terdapat pada lengan atau kaki. Juga tulang penyusun dinding dada seperti iga, kepala, dan leher.



“Sarkoma ewing ini lebih sering menyerang ekstremitas atau tulang gerak baik di lengan atau kaki. Kemudian tulang penyusun dinding dada seperti iga, kepala dan leher, dan lokasi lain. Sarkoma Ewing bila ganas bisa menyerang anggota organ lainnya,” jelas Achmad kepada CNN.

Selain itu, dia juga menambahkan, beberapa gejala lain Kanker Sarkoma Ewing antara lain demam, anemia, peningkatan laju pengendapan darah, nyeri punggung, gangguan kencing, dan buang air besar.
Top