Jangan Sampai Direbut Oleh Pengasuh, Ini Tanda Bayi Percaya yang Seharusnya Ibu Ketahui!


Kepercayaan adalah sebuah sikap yang sangat tulus diberikan oleh seseorang untuk orang yang memang dapat dijadikan tameng dari segala bentuk ketakutan. Kepercayaan juga salah satu modal untuk membuat seseorang bisa lebih dekat dengan kita. Di dalam lingkup keluarga, kepercayaan merupakan salah satu komponen terpenting dari sebuah hubungan orangtua dengan anak. Hal ini akan mendorong bayi menjadi lebih santai dan cepat berkembang di lingkungan karena dia percaya akan selalu dilindungi.

Baca juga : Ketika Suamimu Menggunakan Jeans Ketat, Ini Komentar Victoria Beckham!

Bayi yang sudah mulai merasa nyaman dan percaya akan selalu menganggap bahwa sang ibulah tempat dimana ia harus memulai dan berlabuh. Untuk itu, berikut ini adalah tanda bahwa si kecil sudah mulai percaya dengan si ibu. Untuk itu, jangan sampai orang lain yang merebutnya terlebih dahulu. Simak ulasan lengkapnya.

1. Menjadi orang pertama di pikirannya


Bukti bahwa bayi percaya pada ibunya adalah ketika ibu menjadi orang pertama yang diraihnya saat ketakutan, terkejut, atau sakit. Kathy Uegster, konselor klinis dan terapis bermain, menjelaskan bahwa kepercayaan terbentuk dari pengalaman positif dan negatif.

“Kepercayaan berasal dari kedekatan. Ketika pengasuh memberikan perawatan yang konsisten, dapat diprediksi, dan dapat diandalkan, anak akan percaya pada dunianya,” ujar Kathy.

2. Bayi nyaman dalam pelukan Ibu


Bayi mengidentifikasi pengasuhnya melalui pengelihatan, penciuman, dan suara. Jadi, ketika dia dapat ditenangkan oleh pelukan Anda berarti dia sangat percaya dengan orang tuanya.

Seorang profesor, Lesley Fiore, PhD, di Lesley University, menjelaskan bahwa bayi memiliki kebutuhan fisik, emosional, dan intelektual, menanggapi dengan cara yang berbeda.

“Hubungan mereka dengan pengasuh akan menjadi jelas dari saat-saat pertama kehidupan,” ujarnya.

Oleh karena itu, ibu harus membangun kepercayaan ini dengan rajin-rajin memeluknya di awal-awal kelahiran.

Baca juga : Selain Kurang Percaya Diri, Kurang Tidur Juga Sebabkan Gairah Seksual Berkurang!

3. Orang tua bisa langsung menanggapi tangisannya


Bayi yang memiliki kepercayaan pada pengasuhnya akan menangis untuk berkomunikasi, dengan harapan pesannya akan didengar dan ditanggapi.

Hal ini merupakan salah satu hal komunikasi verbal bayi dengan cara menangis dan juga cara yang efektif dan ketika hubungan dengan bayi terbentuk, ibu akan bisa langsung menebak apa yang membuatnya tidak nyaman hanya dari suara tangisannya.
loading...
Top