Ini Tol Bawah Laut Megah di Istanbul yang Telah Diresmikan Erdogan


Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

Mulai 20 Oktober 2016 lalu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah lakukan uji coba terowongan bawah laut sepanjang 6,5 km di bawah laut Bosphorus. Terowongan yang digunakan untuk MRT, bus, kendaraan kecil ini rencana waktu lalu akan diresmikan tanggal 20 Desember 206 ini.

Dan tepat hari Selasa (20/12/2016), terowongan yang diberi nama Eurasia di kota Istanbul diresmikan Erdogan dan menjadi sejarah dunia bagi Turki. Terowongan ini yang akan menghubungkan benua Eropa dan Asia.



Dilansir Trtworld.com, terowongan yang diperkirakan setiap harinya akan dilewati 100.000 kendaraan ini berada di bawah laut selat Bosphorus. Terowongan bawah laut ini juga diklaim dapat mempersingkat perjalanan dari 100 menit menjadi 15 menit dari daerah Kazlicesme ke daerah Göztepe.

Baca Juga: 15 Fakta Mengagumkan Mengenai Erdogan dan Turki

Dibutuhkan waktu sekitar 5 tahun untuk membangun terowongan bawah laut ini. Jarak yang dimiliki terowongan ini adalah 14,6 Km. Jarak 5,4 Km. berada di bawah dasar laut selat Bosphorus.

Bagian wilayah Eropa dimulai dari kota Istanbul membentang dari daerah Kazlicesme menuju daerah Göztepe yang berada di benua Asia. Bagian terowongan yang memasuki wilayah dasar laut dibuat dalam dua tingkat.

Kecepatan maksimal yang ditetapkan bagi kendaraan yang melintas di terowongan ini adalah 77 km/jam. Menurut Enigeering News Record Amerika, terowongan bawah laut ini adalah terowongan laut terbaik di dunia di tahun 2016 ini. Keren ya....!

Berikut gambar-gambarnya mulai dari pembuatan hingga selesai dikutip dari middleeastupdate.net,













Keren ya. Mudah-mudahan di Indonesia cepat dibuat.
loading...
Top