Ingin Bantu Muslim Aleppo? Inilah 5 Hal yang Bisa Anda Lakukan

Komentar

Kita mungkin tidak bisa merasakan langsung kepedihan mereka. Tetapi, sebagai seorang muslim, membantu sesama menjadi suatu keharusan. Sebagaimana hal inilah yang diajarkan oleh Rasulullah Sollallahu Alauhi Wasallam. Tetapi, bagaimana caranya kita menolong saudara muslim di Aleppo?

Dikutip dari Islampos, bahwa ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk membantu muslim Aleppo.

Berinfak dan Menghimpun Dana
Umat Islam adalah umat yang dermawan. Hal ini merupakan teladan dari generasi awal kita. Sifat ini pulalah yang masih menghiasi umat Islam. Kita bisa saksikan bagaimana rakyat Suriah masih bertahan lewat donasi umat Islam dari seluruh penjuru bumi padahal mereka diperangi oleh negara-negara besar dunia seperti Rusia, Amerika, Iran dan rezim Suriah sendiri.

Berinfak untuk mereka adalah bukti jujurya kepedulian. Terlebih rakyat Suriah, khususnya Aleppo amat sangat membutuhkan uluran tangan kita. Musim dingin, tak ada atap untuk berteduh, blokade yang berkepanjangan ditambah rumah sakit yang hancur lebur, cukup memberikan gambaran kepada kita akan sulitnya kondisi mereka. Mudah-mudahan dengan uluran tangan kita sedikit kesulitan mereka bisa terbantu.

Menyebarkan Berita Tentang Aleppo
Kita hari ini berada di era sosial media. Tak jarang pula kita temui sebuah gerakan di dunia nyata bersumber dari dunia maya. Seperti revolusi Mesir yang menurunkan Husni Mubarak berawal dari dunia maya. Cukup dengan like, komentar dan share.

Sejatinya hal itu juga bisa kita lakukan untuk membantu saudara kita di Aleppo. Yaitu dengan meng-like, mengomentari dan menyebarkan setiap berita tentang mereka di sosmed kita. Semakin banyak yang menyebar, maka opini masyarakat dunia akan terbentuk. Mudah-mudahan dengan semakin banyak umat yang tahu, semakin banyak juga doa yang teruntai dan semakin banyak pula hati yang tergerak untuk membantu mereka baik dengan jiwa maupun harta.

Melakukan Protes dan Aksi Solidaritas
Umat Islam satu tubuh. Jika yang satu merasakan sakit, maka yang lainnya akan ikut merasakan. Rasa sakit, sedih dan pilu yang dirasakan rakyat Suriah seharusnya juga kita rasakan di manapun kita berada. Di antara bentuk usaha yang bisa kita lakukan adalah melakukan protes kepada kedutaan Suriah yang ada di setiap negara. Semoga dengan protes yang terus menerus dan di banyak tempat, bisa memberikan tekanan kepada rezim Suriah agar menghentikan aksi blokade mereka terhadap rakyat Aleppo.

Mendoakan
Doa adalah senjata terkuat seorang mukmin. Karena saat berdoa dia menyeru kepada Zat yang Maha Kuat dan Perkasa, Zat yang Maha berkehendak. Di dalam sebuah hadis juga disebutkan bahwa tidak ada yang mampu mengubah takdir kecuali doa.

Saat kita sebagai muslim terkendala jarak dan keadaan untuk membantu secara langsung saudara kita di Aleppo, maka doa menjadi salah satu pilhan kita. Karena mendoakan saudara muslim adalah kewajiban bagi muslim lainnya. Terlebih jika yang didoakan dalam keadaan lemah dan terjepit.

Untaian doa yang mengetuk pintu langit, tetesan air mata, rintihan kesedihan di malam hari bisa menjadi sarana diringankannya beban saudara Aleppo kita. Bukankah do’a seorang muslim bidzohril ghoib (tanpa diketahui) termasuk doa yang mustajab? Oleh karena itu, marilah kita senantiasa mendoakan saudara Aleppo kita di setiap kondisi mustajab.

Qunut Nazilah
Qunut nazilah adalah doa qunut yang dilantunkan setelah ruku’ pada rakaat terakhir di lima waktu shalat. Qunut nazilah disunnahkan saat ada kaum muslimin yang tertimpa musibah. Rasulullah Sollallahu Alauhi Wasallam pernah melakukan qunut nazilah mendoakan kehancuran kepada pembesar-pembesar Qurasiy. Qunut nazilah pada dasarnya masuk dalam keumuman doa, akan tetapi qunut nazilah disyariatkan jika ada sebab tertentu. Qunut nazilah biasanya berisi doa agar diangkatnya musibah dari umat Islam dan dihancurkannya musuh-usuh Islam.

Kondisi saudara Aleppo kita, sudah lebih dari cukup untuk membuat kita melakukan doa qunut di setiap masjid dan setiap waktu. Agar Allah menyegerakan kekalahan kepada para durjana dan menolong saudara Aleppo kita. Adalah Syaikh Salman Audah, Haiah kibarul ulama (Dewan ulama senior) Arab Saudi dan para ulama lainnya telah meyerukan kepada imam-imam masjid untuk melakukan qunut nazilah terhadap rakyat Aleppo.

Top