Ibu Bagaimana Kabarmu Hari Ini? Simak Penjelasan Psikolog Mengenai Dampak Bicara dengan Ibu!


Orang tua merupakan sosok yang selalu siap menemani, membela, dan mengajari buah hati mereka sampai mereka mampu berdiri sendiri. Semua ini dia berikan tanpa pamrih demi kesuksesan anak di masa depan. Seiring berjalannya waktu, anak pun berkembang menjadi seorang remaja dan akhirnya, dewasa. Inilah saat-saat yang paling kritis dalam hubungan anak dan ibu, ketika kesibukan anak menjadi pemisah di antara mereka berdua.

Baca juga : FLOTUS Izinkan Wanita Tak Pakai Alas Kaki di Gedung Putih, Obama Ingat Budaya Indonesia

Bagaimana denganmu hari ini, sudahkah berbicara dengan ibu?


Banyak orang beralasan bahwa pekerjaan menjadi alasan utama anak jarang berbicara dengan orangtua. Akan tetapi, seringkali anak berhenti berkomunikasi dengan orangtua karena kesal dengan apa yang diceritakan sang Ibu, baik karena kesal dengan gosip yang selalu menjadi topik maupun ceritanya yang selalu berulang.

Namun, ketahuilah bahwa hal ini merupakan sesuatu yang wajar dan harus dimaklumi. Menurut Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psikolog Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPTUI), hal ini akan semakin sering terjadi dengan bertambahnya usia sang Ibu.

“Biasanya dengan bertambahnya usia, Ibu suka bercerita dengan berulang dan terkadang membicarakan tetangga,” ucapnya.

Baca juga : Cara Memberi Salam Unik Khas Anak Thailand, Lihat Keluguan dan Gemasnya Tingkah Mereka!

Hal-hal ini merupakan sesuatu yang lumrah dilakukan oleh seorang Ibu karena yang mereka butuhkan hanya didengarkan oleh anaknya. Jarak yang jauh, jarang berkomunikasi, membuat mereka rindu bercengkrama dengan buah hatinya.

“Jadi, jika hal seperti itu terjadi, maka kita sebaiknya menjadi pendengar yang baik saja,” ucapnya.
loading...
Top