Gempa 8 SR yang Guncang Papua Nugini Berpotensi Tsunami

Komentar

Pengukuran amplitudo maksimal (amak) pada alat seismograf / ilustrasi kekuatan gempa. Foto Antara.

Setelah Aceh dirundung duka beberapa pekan lalu karena gempa bumi yang menawaskan lebih dari 100 jiwa. Kini Papua Nugini diguncang gempa bumi berkekuatan 8 Skala Richter (SR). Gempa ini dilaporkan berpotensi memicu tsunami berbahaya.

Seperti dikutip dari Reuters melalui detikcom, Sabtu (17/12/2016), Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat gempa bumi ini berpusat di lokasi berjarak 157 kilometer sebelah timur Rabaul. Menurut USGS, pusat gempa berada di kedalaman 103,2 kilometer dari permukaan laut.

Gempa dengan kekuatan 8 skala Richter itu berada di lepas pantai Papua Nugini. Gempa terjadi pada Sabtu, 17 Desember 2016, pukul 20.51 waktu setempat, atau 17.51 WIB. Dari keterangan Pacific Tsunami Warning Center, gempa itu berpotensi menyebabkan tsunami di sejumlah pantai di Pasifik Selatan.

"Gelombang tsunami yang berbahaya kemungkinan akan terjadi," sebut Pacific Tsunami Warning Center.

Belum ada laporan kerusakan maupun korban jiwa akibat gempa bumi ini.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik merilis peringatan tsunami usai gempa melanda. Mereka menyatakan gempa ini berpotensi memicu tsunami berbahaya dan berdampak luas.

Namun belum dijelaskan lebih lanjut area-area yang berpotensi diterjang tsunami, juga perkiraan tinggi gelombang tsunami.

Top