Gak Nyangka! Ternyata Posisi Tidur Seperti Ini Ampuh Hilangkan Nyeri Haid

Saat paling tidak nyaman bagi wanita adalah awal-awal menstruasi. Rasa nyeri dibagian perut bisa mengganggu aktivitas dan merusak mood sepanjang hari. Tapi siapa sangka jika posisi wanita saat tidur juga sangat mempengaruhi nyeri haid ini.



BACA JUGA: Rayakan Natal dengan Unik dan Kreatif, Petugas Sulap Knalpot Bekas Razia Jadi Pohon Natal

Dikutip dari Indozone, posisi tidur meringkuk seperti janin dalam kandungan (fetal Position) ternyata ampuh untuk mengurangi rasa nyeri saat datang bulan. "Tidur dalam posisi fetal mengurangi tekanan pada otot-otot perut," kata dokter spesialis kebidanan dan kandungan Lisa Lindley.

Banyak wanita pun mengakui, posisi tidur meringkuk seperti di dalam janin ini meringankan rasa nyeri menstruasi mereka. Tidur dengan posisi ini membuat otot-otot di perut lebih rileks sehingga mengurangi ketegangan akibat kram menstruasi. Alhasil rasa nyeri perut pun berkurang seperti dipaparkan dokter kebidanan dan kandungan lain Jennifer Wider.

Seperti dikutip laman Glamour, fetal position ini pun menurunkan kemungkinan darah menstruasi bocor ke area luar selain pembalut. Hindari tidur dengan posisi tengkurap atau merebahkan diri dengan posisi muka menghadap ke bawah karena berpotensi meningkatkan kebocoran.

Selain posisi diatas, dokter Lindley juga menyarakan mandi sebelum tidu, memakai produk beraroma lavender, peregangan perut sebelum tidur agar rileks juga membantu mengurangi rasa nyeri mensruasi tersebut.
loading...
Top