Gaji Habis Dalam Satu Minggu? Berikut Ini Cara Cerdas Yang Dapat Digunakan Untuk Memaksimalkan Gaji



Gajian adalah hal yang paling ditunggu di setiap bulannya oleh semua orang yang bekerja di sebuah perusahaan tertentu. Saat gajian tiba, ada banyak hal yang mungkin ingin diwujudkan.

BACA JUGA : Punya Uang Ini? Bersiaplah Untuk Menjadi Jutwan Dadakan

Namun, jangan lupa juga, untuk selalu giat dalam menyisihkan sebagian penghasilan yang di dapat untuk kebutuhan di masa yang akan datang. Jangan sampai setiap gajian, uang tersebut seperti ‘parkir’ saja di dalam dompet pribadi Anda.

Kejadian uang yang hanya 'parkir' saja di dalam dompet, atau ATM Anda, mungkin juga dialami oleh orang lainnya. Hal tersebut tentunya terjadi, karena kurang maksimal dalam mengatur keuangan pribadi.

Biasakan untuk membuat pengeluaran wajib terlebih dulu, lalu untuk rencana menabung. Setelah itu, idealnya baru Anda bisa menikmati penghasilan tanpa rasa takut uang tersebut hanya akan 'parkir' saja.

Bagaimana cara cermat untuk mengatur keuangan setiap kali menerima gaji, agar tidak cepat terkuras habis begitu saja? Simak lima cara berikut ini dari Cermati.com.

1. Mengelompokan pengeluaran

Kelompokan pengeluaran mana yang harus diutamakan dan pengeluaran mana yang bersifat tambahan. Yang menjadi pengeluaran prioritas adalah kebutuhan utama, yang harus dipenuhi setiap harinya.

Sedangkan pengeluaran tambahan adalah yang berhubungan dengan gaya hidup yang sebenarnya tidak akan masalah jika tidak diikuti. Dengan begitu, Anda akan lebih bertanggung jawab pada diri sendiri, dan belajar mengurangi sifat boros.

2. Buatkan catatan pengeluaran

Agar lebih jelas, setelah mengelompokan Pengeluaran tadi, coba untuk membuat catatannya di sebuah buku khusus. Tuliskan dengan jelas kebutuhan wajib dan kebutuhan yang sifatnya boros. Ubahlah kebutuhan yang cenderung boros tersebut, menjadi tabungan pribadi Anda. Lama kelamaan, Anda akan terbiasa melakukan hal ini.

3. Berpikir lagi sebelum membeli

Setelah Anda mulai terbiasa dan mengurangi pola hidup boros, Anda akan berpikir lagi jika hendak membeli sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan. Kebutuhan wajib akan lebih membuat tertarik untuk segera didapatkan, daripada yang hanya bersifat sementara.

4. Sebaiknya, belanja bulanan sekaligus saja

Ini juga cara yang baik untuk tidak terlalu boros uang dan hemat tenaga serta waktu. Saat waktunya berbelanja bulanan tiba, coba untuk membeli kebutuhan yang sesuai catatan Anda. Gunakan trolley yang berukuran cukup besar dan belanja apa yang ada di dalam catatan belanja Anda saja. Selebihnya lupakan saja, jika ada pengeluaran lain yang tiba-tiba di luar anggaran belanja tersebut.

5. Manfaatkan diskon dan promo

Belanja akan lebih hemat dan menyenangkan dengan memanfaatkan promo diskon saat belanja. Cara ini, juga bisa Anda gunakan untuk berbelanja dalam jumlah banyak, namun dengan harga yang cukup bersahabat.

Simpan sebagian besar gajimu untuk masa depan

Dengan melakukan beberapa cara di atas, saat menerima gaji, Anda akan lebih bijak dan bertanggung jawab saat menggunakannya. Usahakan untuk tetap memaksimalkan menabung di setiap bulannya, agar tidak ada lagi istilah uang Anda habis begitu saja.
loading...
Top
loading...