Digempur Habis-Habisan, Evakuasi di Aleppo Ditunda! Apa Penyebabnya?


AFP memberitakan, keputusan pemerintah Suriah untuk menangguhkan proses evakuasi warga sipil dan para pejuang dari Aleppo timur, menyebabkan ribuan orang terjebak di wilayah tersebut, dalam kondisi yang tak pasti menanti takdir mereka.

Baca juga : Surat Gadis Allepo Ini Sangat Mengejutkan, Memutuskan Bunuh Diri Daripada Diperkosa!

Rusia, yang selama ini memediasi proses kesepakatan evakuasi dengan Turki, menyebut operasi tersebut telah rampung. Disebut, seluruh wanita dan anak telah dipindahkan dari kawasan tersebut. Sementara itu, sumber di lingkungan militer Turki dan Suriah menyebut evakuasi belum berakhir, dan ditunda untuk sementara waktu.

"Evakuasi ini belum berakhir dan sejumlah orang masih ingin meninggalkan area itu," kata Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu.

Di tengah ketidakpastian tersebut, para petugas yang membantu evakuasi sudah terlihat telah meninggalkan wilayah yang menjadi titik utama operasi tersebut. Operasi menyelamatkan warga sipil dari kawasan timur Aleppo dimulai pada Kamis lalu, dan berlangsung sepanjang malam.

Ada ribuan orang yang meninggalkan Aleppo, baik menggunakan bus maupun ambulan.  Namun, sejak pagi tadi, proses tersebut ditangguhkan, menyusul tuduhan pihak rezim bahwa kelompok pemberontak melanggar kesepakatan.

Baca juga : Menyusuri Aleppo, Inilah Permata Cantik Suriah Sebelum Hancur Lebur Seperti Sekarang

"Evakuasi ini ditangguhkan, karena kelompok militan tak mau menghormati kesepakatan yang telah dicapai sebelumnya," kata sebuah sumber di pasukan keamanan.

Bahkan, siaran televisi pemerintah menyebut, kelompok teroris melanggar kesepakatan dengan melakukan penyelundupan senjata berat dan tawanan dari timur Aleppo. Komite Palang Merah Internasional yang mengawasi proses evakuasi tersebut, pun mengonfirmasi bahwa upaya tersebut saat ini tengah ditangguhkan.
Top