Chrisna : Kami Optimistis Terget Pengunjung Candi Borobudur Tembus 3,8 Juta Orang

Komentar

Pengelola Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB), Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, optimistis akan memenuhi target kunjungan wisatawan sampai 3,8 juta orang hingga akhir 2016.

Kepala Unit PT TWCB Chrisna Murti Adiningrum menyebut hingga pertengahan Desember 2016 jumlah kunjungan wisatawan sudah mencapai 83,2 persen atau berkisar 3,2 juta orang, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.

"Kami optimistis terget bisa tercapai, mengingat masih ada libur Natal dan tahun baru 2017," kata Chrisna, seperti yang dilansir dari kompas.com.

Menurut Chrisna, akhir tahun ini banyak momentum yang mendukung peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke warisan budaya dunia itu. Beberapa di antaranya adalah hari libur yang bertepatan di akhir pekan (long weekend) pada 9-10 Desember 2016.

"Pada saat itu, Candi Borobudur dikunjungi lebih dari 90.000 wisatawan. Itu di luar dugaan kami," ujar Chrisna.

Setiap akhir pekan, lanjut Chrisna, memang selalu ada peningkatan meski tidak signifikan. Biasanya jumlah pengunjung tidak lebih dari 10.000 orang.

"Kalau pas libur biasa akhir pekan, jumlah pengunjung berkisar 7.000 - 10.000. Namun long weekend kemarin bisa naik lebih dari 100 persen," ujarnya.

Dari jumlah tersebut, wisatawan nusantara masih mendominasi. Sedangkan untuk wisatawan asing masih sedikit, karena untuk bulan Desember merupakan masa low session bagi wisatawan mancanegara.

"Biasanya wisman akan banyak datang pada bulan Juni-Juli," kata Chrisna.


Selama libur panjang tidak ada perubahan harga untuk tiket tanda masuk, yakni Rp 30.000 untuk dewasa dan Rp 12.000 untuk anak-anak. Khusus untuk anak-anak PAUD di Kabupaten Magelang, pihaknya memberikan tiket cuma-cuma alias gratis.
Top