Cara Mudah Mendidik Anak Agar Rajin Sholat


Mengajari anak supaya rajin shalat sejak kecil

Anak adalah titipan dari Allah yang harus kita didik sebaik-baiknya. Salah satunya yakni mendidiknya untuk melakukan Sholat. Biasanya jika tidak ditanamkan sejak dini, susah bagi anak untuk menjadikan Sholat sebagai kebutuhannya.

Rasulullah sendiri sudah mengajarkan bagaimana cara mendidik anak untuk Sholat. Ketika anak sudah diajari namun tidak mau menjalankan Sholat, tegur dengan kata-kata yang baik. Apabila dengan cara tersebut masih sama, Anda diperbolehkan memukulnya, hanya sebagai pelajaran bukan untuk menyakitinya.

Dilansir psikologika.id, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendidik anak yang malas shalat. Di antaranya sebagai berikut:

1. Cobalah untuk memberikan apresiasi atau hadiah. Pada anak usia sekolah pertama, biasanya mereka senang jika diberi hadiah dalam melakukan sesuatu. Juga Anda harus beri ia pengertian bahwa siapa saja yang menjalankan Sholat akan mendapatkan pahala dan tidak mendapat siksa.

Baca Juga: 5 Keutamaan Sholat Subuh yang Luar Biasa Hingga Lebih Istimewa Daripada Apapun di Dunia

2. Jangan hanya menyuruh Sholat, tapi Anda pun harus mencontohkan Sholat tepat waktu. Karena anak adalah sebaik-baik peniru dari orangtuanya.

3. Hentikan segala aktivitas ketika waktunya Sholat. Sebaiknya Anda menghentikan semua hal yang bisa membuat anak Anda menjadi lalai dalam menjalankan Sholat.

4. Jika anak Anda sudah beranjak dewasa dan sudah memegang gadget, ingatkan padanya Sholat lewat media sosial. Tidak perlu malu untuk melakukan semua itu, karena memang kewajiban Anda.

5. Beri Pelajaran, bukan menyakiti. Ketika anak Anda sudah tidak bisa Anda nasehati dengan kata-kata, maka Anda boleh memukulnya saat usianya sudah 9 tahun ke atas. Ini bukanlah pukulan untuk menyakiti, namun pukulan kasih sayang yang akan menyelamatkan Anda dan juga anak Anda kelak saat di akhirat nanti.

Baca Juga: Yang Masih Bolong Shalat 5 Waktu, Ini Tips Mudah Biar Lebih Rajin

Saat ini Sholat menjadi hal yang paling mudah untuk ditinggalkan. Padahal amalan yang pertama kali akan dihisab adalah Sholat. Oleh karena itu tanamkan pada diri anak Anda untuk taat menjalankan ibadah sejak dini. Karena itu semua sebagai bekal untuknya saat mereka berada di akhirat nanti.
loading...
Top