Cara Ampuh Negoisasi Kenaikkan Gaji dengan Bos Anda

Penulis Cang Karna | Ditayangkan 22 Dec 2016

Cara Ampuh Negoisasi Kenaikkan Gaji dengan Bos Anda

Normalnya, gaji seorang karyawan naik 10 persen setiap tahun untuk mengimbangi inflasi. Namun tidak semua kantor berbaik hati menaikkan gaji karyawannya kecuali karyawan tersebut mendapat promosi.

Tentunya Anda tidak ingin gaji Anda stagnan di tahun 2017. Apalagi kalau Anda sudah bekerja minimal dua tahun. Lalu bagaimana cara supaya mendapat kenaikan? Jawabannya adalah meminta pada bos Anda. Simak jurus ampuh berikut yang dikutip dari Money.id.

Berlatih

Cara Ampuh Negoisasi Kenaikkan Gaji dengan Bos Anda

Wawancara kerja saja butuh latihan, apalagi negosiasi gaji. Anggap saja menguasai wawancara kerja ada di level beginner, sedangkan negosiasi gaji merupakan level expert.

Cara untuk menaklukannya adalah dengan berlatih. Seperti saat wawancara kerja dulu, semakin sering Anda berlatih, semakin lancar Anda dalam bicara. Anda bisa membuat beberapa skenario. Termasuk skenario seperti pertanyaan kenapa gaji Anda harus naik sampai ketika negosiasi angka.

Berlatih beberapa skenario akan membuat Anda lebih siap dalam menghadapi kemungkinan terburuk.

Ketahui ‘hargamu’

Cara Ampuh Negoisasi Kenaikkan Gaji dengan Bos Anda

Mencari tahu berapa standar umum gaji yang sesuai dengan posisi Anda sekarang ini lebih mudah dilakukan. Jika dulu bertanya pada orang lain dengan posisi sama di perusahaan lain menjadi satu-satunya cara, sekarang Anda bisa mengintip gaji orang lain di situs perbandingan gaji seperti qerja.com.

Memberikan rentang angka

Cara Ampuh Negoisasi Kenaikkan Gaji dengan Bos Anda

Ketika ditanya berapa gaji yang Anda inginkan, studi yang dilakukan oleh Columbia Business School menyarankan agar mengajukan rentang angka. Misalnya jika gaji ideal Anda adalah Rp6 juta dari yang asalnya Rp5,5 juta. Maka Anda sebaiknya mengajukan Rp6-7 juta. Strategi ini akan membuat Anda mendapatkan kenaikan sesuai harapan (walaupun disetujui di angka terkecil).

Mengapa metode ini efektif? Rupanya hal ini berkaitan dengan normal sosial, yakni norma kesopanan. Di satu sisi bos Anda akan merasa tidak enak jika terang-terangan menolak hingga akhirnya mengabulkan pengajuan di angka terkecil. Tapi sudah untung besar bagi Anda bukan?

Kedepankan logika

Cara Ampuh Negoisasi Kenaikkan Gaji dengan Bos Anda

Hari di mana Anda bicara empat mata dengan bos pasti melibatkan banyak emosi seperti takut, khawatir, dan sebagainya. Banyak orang enggan mengajukan kenaikan gaji karena mereka berpikir ini akan merendahkan harga diri mereka.

Dikutip dari Money.id, menemukan bahwa hanya 37 persen karyawan di Amerika yang bernegosiasi gaji, sedangkan 18 persen lainnya menghindari membicarakan topik ini. Asal Anda tahu saja, menurut Margaret A. Neale, profesor di bidang negosiasi bisnis dari Universitas Stanford mengatakan bahwa tidak negosiasi gaji artinya mengorbankan penghasilan setahun.

Padahal jika mendapat kenaikan Rp500 ribu saja, dalam setahun Anda mengumpulkan Rp6 juta. Jika diinvestasikan selama lima tahun dengan imbal hasil 20 persen, dalam setahun Anda bisa mendapatkan Rp51,7 juta (pembulatan).
SHARE ARTIKEL