Bunda, Asuhlah Anakmu Ini Dengan Asuhan Yang Baik



Memiliki waktu berkualitas dengan anak ternyata bukan hal mudah. Pekerjaan rumah tangga atau pekerjaan kantor yang menumpuk dan menghabiskan banyak waktu, membuat orangtua kebingungan dalam mendekatkan diri dengan buah hatinya.

BACA JUGA : Astaghfirullah.. Dapatkan Adzab di Dunia, Karta Berikan Pelajaran Untuk Kita Tidak Durhaka Kepada Orang Tua

Tidak perlu waktu yang lama, namun saat bercengkrama dengan buah hati, dibutuhkan kualitas hubungan yang baik. Salah satunya ditunjukkan dengan sikap dan perilaku dari pengasuhan orangtua ke anak.

"Kualitas dari parenting behavior, yaitu perilaku dan sikap pengasuhan pada anak. Ketika mama papanya tertekan, orangtua sudah negatif dan sikap ke anak bisa negatif," ujar Psikolog anak, Roslina Verauli, di acara Bebehero Hi5 di kawasan Kuningan, Jakarta.

Cara pengasuhan yang diberikan bisa melalui mengajarkan anak keterampilan. Misal, dengan merapihkan tempat tidur secara bersama-sama sambil mengobrol dan mengajarkannya.

"Ada juga mengasuh dengan menyampaikan beragam aturan yang berlaku secara norma dan agama. Namun, cara menyampaikannya harus mencakup dua hal yaitu hangat dan interaksi dua arah," ujar Vera.

Sikap pengasuhan positif dengan dua hal tersebut, yakni hangat dan interaksi dua arah, diyakini dapat membuat anak semakin terbuka dan hubungan menjadi lebih akrab. Selain itu, orangtua juga sebaiknya menempatkan dirinya sebagai seorang teman yang membuat anak semakin terbuka.

"Momen keintiman harus ada saat sedang bersama. Tidak berpura-pura sedang menjadi anak-anak tapi menyamakannya dengan teman sebaya, itu akan memberikan sikap pengasuhan positif."

loading...
Top