Bukan Hanya Melangsingkan Tubuh, Diet Juga Punya Beragam Sisi Positif! Kamu yang Diet Pasti Setuju


Salah satu cara mudah untuk memperkecil lingkar badan sealin dengan berolahraga adalah dengan melakukan program diet. Diet secara benar memang bisa menurunkan berat badan cukup drastis lho! Apalagi jika diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya. Namun, banyak yang tak setuju dengan diet dikarenakan beberapa faktor, salah satunya adalah bahaya karena mengurangi asupan gizi dalam tubuh. Memang benar, akan tetapi diet juga cukup efektif untuk yang memang ingin terlihat proporsional.

Baca juga : Banyak yang Sering Keliru, Inilah Urutan Mandi yang Benar Menurut Ahli Kecantikan Kulit!

Menjaga asupan pola makan atau diet merupakan salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan. Namun, lebih dari sekedar melangsingkan, ternyata menjalankan diet yang sehat punya banyak manfaat positif bagi tubuh. Jika sedang membutuhkan motivasi untuk mulai melakukan program diet, ketahui beberapa hal yang akan dirasakan jika melakukan diet.

1. Lebih aktif bergerak


Mengurangi asupan kalori saja tidak cukup untuk mencapai target penurunan berat badan. Kita juga harus lebih aktif bergerak. Jangan biarkan upaya diet Anda tak maksimal gara-gara malas meluangkan waktu untuk berolahraga.

Aktivitas fisik yang dilakukan pun sebenarnya tak perlu lama. Penelitian menyebutkan, mereka yang melakukan aktivitas fisik dalam level moderat, seperti jalan cepat, berenang, atau bersepeda,  membakar 200 kalori lebih banyak perhari dibanding yang kurang bergerak.

2.  Lebih hemat


Walau jumlahnya terlihat kecil, tetapi dana untuk jajan sebenarnya menghabiskan porsi tak sedikit dalam pengeluaran. Bila Anda menjalankan diet, tentu uang tersebut bisa disimpan. Selain itu, orang yang memiliki berat badan normal juga memiliki premi asuransi lebih kecil dibanding orang obesitas. Lagi-lagi hal ini merupakan sebuah penghematan.

3. Mood lebih baik


Membatasi asupan kalori ternyata bisa membuat seseorang tidur lebih nyenyak, mood lebih baik, dan kehidupan seks yang lebih hangat.

Demikian menurut penelitian yang dilakukan pada 220 orang. Mereka dibagi dalam dua kelompok, yaitu yang tidak berdiet dan yang mengurangi 25 persen asupan kalorinya. Kemudian dilihat dampaknya pada mood dan kualitas kehidupan lainnya.

Baca juga : Waspadai Keracunan Matahari, Simak Kenapa dan Bagaimana Cara Mengobatinya!

4. Produktivitas meningkat


Seperti mobil, otak kita butuh bahan bakar berkualitas agar bisa memiliki performa optimal. Sebuah penelitian menyimpulkan, pola makan yang sehat akan meningkatkan produktivitas karena rentang konsentrasi akan meningkat.

5. Lebih sehat


Tidak semua orang yang langsing sehat dan tak semua orang gemuk tidak sehat. Namun menjalankan diet yang sehat bisa meningkatkan status kesehatan. Mengganti camilan tinggi kalori tapi rendah nutrisi dengan makanan yang lebih sehat tentu akan membuat kecukupan vitamin dan mineral tubuh terpenuhi. Tubuh pun lebih terlindungi dari penyakit kronis sehingga cita-cita untuk panjang umur pun bisa tercapai.
loading...
Top
loading...