Brem, Snack Khas Indonesia yang Kaya Akan Manfaat

Penulis Unknown | Ditayangkan 15 Dec 2016
Pernah dengar brem? Atau pernah menyantapnya? Hmm.. brem adalah salah satu snack khas Indonesia yang banyak ditemui di Jawa Timur. Brem juga banyak digunakan sebagai oleh-oleh dari daerah Madiun dan Wonogiri.

Brem, Snack Khas Indonesia yang Kaya Akan Manfaat

BACA JUGA: Betapa "Kafirnya" Umat Muslim yang Pakai Atribut Agama Lain

Snack berbentuk kotak panjang itu, berwarna putih kekuningan dan memiliki rasa manis agak asam saat dimakan.  Sementara itu, brem Wonogiri berbentuk bulat, berwarna putih, rasanya manis, dan saat masuk ke dalam mulut segera larut.

Brem sendiri dibuat dari tape ketan yang diendapkan semalam. Brem yang paling terkenal adalah yang bermerk suling. Namun tidak semua orang suka dengan makanan khas ini, karena mengandung alcohol walaupun tidak tinggi.

Tapi siapa sangka, jika ternyata brem memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Kadar alkohol rendah pada brem dapat menaikkan kadar hormon yang diyakini dapat membantu arteri darah.

Dikutip dari liputan6, Berdasarkan penelitian dari Lembaga Riset Nutrisi dan Makanan di Belanda, mengonsumsi alkohol tidak secara berlebihan dapat mengurangi risiko serangan jantung. Alkohol akan menurunkan kemungkinan penyumbatan aliran darah pada saluran arteri akibat peradangan, menurunkan asam lain dalam darah, dan pembekuan darah. Alkohol juga dapat meningkatkan DHEAS (dehydro-epiandrosterone) yang mempunyai manfaat memperlancar peredaran darah dalam tubuh.

Selain melancarkan peredaran darah, brem ternyata juga bermanfaat bagi Anda yang ingin melakukan perawatan wajah. Masyarakat Madiun percaya bahwa brem dapat membuat kulit muka terasa halus dan menghilangkan jerawat. Tentunya cara pemakaiannya adalah dengan dimakan dan bukan ditaruh di muka.

Jadi, kalau Anda berkunjung ke daerah Jawa Timur, jangan lupa mampir ke pusat oleh-oleh untuk membawa sekotak brem untuk snack di rumah. Rasanya yang asam-asam manis dijamin akan membuat Anda ketagihan dan mengudapnya di waktu senggang.

SHARE ARTIKEL