Berharap Punya Anak Angkat? Simak Cara Tepat Menjadi Orang Tua Asuh Agar Tak Terasingkan


Ketika mengangkat anak ke dalam rumah tangga, ada beberapa hal yang wajib untuk diperhatikan dalam mendidiknya. Sebab, mau bagaimana pun juga anak tersebut harus mendapatkan pendidikan di rumah dan di sekolah agar menjadi orang yang bermanfaat di masa depan. Memang terkadang cukup membingungkan ketika anak tersebut datang sudah pada usia remaja sehingga anak sudah melekat dengan didikan orangtua biologisnya yang belum tentu sama dengan didikan orang tua asuhnya.

Baca juga : Tahapan Mendidik Anak A la Rasulullah, Ayah dan Bunda Harus Tahu Kapan Waktunya Menempatkan Diri

Akan tetapi, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psikolog Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPTUI), menyarankan untuk melakukan diskusi dengan anak tersebut jika hal ini terjadi.

“Jadi memang ada situasi khusus yang membuat dia tidak menjadi dipaksakan sepihak, apalagi jika sudah remaja,” tambahnya.

Mengangkat anak yang berusia remaja memang lebih sulit dari pada mengurus anak tersebut dari kecil tetapi tidak mustahil. Sebab, seperti yang diungkapkan Vera, jika anak masih berusia lima tahun mungkin masih bisa dididik sesuai dengan keinginan Anda. Namun, jika anak tersebut sudah duduk di bangku sekolah dasar, maka sebaiknya perbanyak diskusi dan negosiasi.


Kebiasan mengadopsi anak adalah tradisi yang sudah ada sejak jaman Jahiliyah dan dibenarkan di awal kedatangan Islam1. Bahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri melakukannya, ketika beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengadopsi Zaid bin Haritsah radhiyallahu ‘anhu sebelum beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam diutus Allah Ta’ala sebagai nabi, kemudian Allah Ta’ala menurunkan larangan tentang perbuatan tersebut dalam firman-Nya,

{وَمَا جَعَلَ أَدْعِيَاءَكُمْ أَبْنَاءَكُمْ ذَلِكُمْ قَوْلُكُمْ بِأَفْوَاهِكُمْ وَاللَّهُ يَقُولُ الْحَقَّ وَهُوَ يَهْدِي السَّبِيلَ}

“Dan Allah tidak menjadikan anak-anak angkatmu sebagai anak kandungmu (sendiri). Yang demikian itu hanyalah perkataanmu di mulutmu saja. Dan Allah mengatakan yang sebenarnya dan Dia menunjukkan jalan (yang benar)” (QS al-Ahzaab: 4).


Baca juga : Atasi dengan Cepat! Perhatikan Beberapa Solusi Sigap Ketika Anak Sakit

Orang tua asuh harus lebih banyak bernegosisasi dan mengajarkan tentang tanggung jawab dan disiplin pada anak. Sehingga ketika nantinya anak sudah terbiasa dengan suasana di dalam rumah barunya, maka orang tua tidak akan bertindak sepihak yang mampu membuat anak menjadi terasingkan.
Top