Begini Cara Pesan Minuman di Gerai Starbucks, Sesekali Biar Kekinian dan Nggak Malu-maluin!

Komentar

Sesuai dengan label internasional, maka ada hal-hal yang perlu kita ketahui sebelum masuk ke Stabucks untuk pertama kalinya. Biar tidak malu seperti pria yang diceritakan oleh seorang wanita yang dipanggil Tjetje di blognya. Dalam blognya itu, Tjetje menulis, memesan kopi di Starbucks itu tak segampang memesan kopi di warung kebanyakan. Pasalnya, Starbucks membuat kombinasi aneka rupa kopi, konon ada ribuan.

Hal pertama yang harus diketahui sebelum memesan minum adalah ukuran gelas: short (tak pernah ada di menu), tall, grande, venti, dan trente (hanya untuk beberapa minuman dingin dan tak ada di menu). Semakin besar kopinya, semakin mahal dan semakin banyak kandungan espressonya. Venti misalnya, mengandung setidaknya 2-3 shots espresso. Tentukan juga jenis gelas yang mau dipakai, apakah mug, tumbler, atau paper cup.

Baca juga : KFC Rilis Produk Baru Lilin Beraroma Ayam Goreng, Asli Bikin Laper!

"Kalau mau nongkrong mending minta mug aja, jadi enggak nyampah," tulis Tjetje.
Sementara kalau ingin diskon Rp 3000, silakan bawa tumbler sendiri.

Garis-garis di cup plastik Starbucks itu memiliki makna dan merupakan patokan untuk pembuatan minuman. Kedua, informasikan ke barista tipe kopi yang kita inginkan, misalnya decaf atau half-decaf (separo decaf, separo regular). Maksudnya decaf adalah kopi yang kandungan kafeinnya sudah diturunkan sampai tingkat yang aman untuk dikonsumsi orang kebanyakan.

Juga jenis susu jika tak bisa minum susu sapi. Alternatifnya susu kedelai dengan biaya tambahan tentunya. Bila sedang diet dan ingin susu yang rendah kalori, bisa juga minta skinny. Tjetje memberi saran kalau sedang diet, lebih baik tidak usah ngopi di sini sebab jumlah kalorinya bisa ratusan kalori atau bisa juga minum teh saja.

Nah, saatnya berkenalan dengan minuman yang ada di Starbucks.



Yang paling sederhana: espresso yang merupakan bahan dasar aneka minuman kopi. Espresso merupakan teknik penekanan kopi dengan suhu dan jumlah air tertentu untuk membuat konsentrat kopi. Espresso disajikan dalam cangkir kecil, single (29-37 millimeter) atau double dan dibuat selama 25-33 detik saja.

Selain disajikan polos tanpa ‘topping’ espresso bisa juga disajikan dengan whipped cream, espresso con panna, atau dengan buih susu, espresso macchiato. Americano, Capucinno, Latte, Caffè Mocha adalah beberapa tipe kopi yang berbahan dasar espresso. Bedanya apa? Americano adalah espresso dicampur air.

Cappuccino sendiri mirip dengan espresso, tetapi takaran bahan-bahannya dalam jumlah yang sama; 1:1:1. Sementara Latte merupakan espresso dicampur steamed milk dan buih susu tapi steam milk-nya lebih banyak ketimbang buihnya (wet). Yang tidak suka komposisi ini bisa minta latte dry atau bahkan extra dry; buihnya lebih banyak ketimbang susunya. Lalu, Caffè Mocha adalah perpaduan espresso dan cokelat.

Baca juga : "Magic Cake", Kue Unik yang Sedang Hits Di Dunia Maya, Kamu Harus Coba!

Selain kopi berbahan espresso, Starbucks juga menawarkan MISTO. Bahasa Prancisnya cafe au lait, sedangkan dalam bahasa Indonesia artinya kopi susu. Bila espresso pakai mesin khusus, misto ini kopinya di-brewing, lebih lama dari proses bikin espresso. Dagangan khas Starbucks adalah Frapuccino, yaitu es di blender dengan kopi, susu, buah (sirup buah lebih tepatnya) atau green tea dan diberi aneka rupa sauce (bukan saus tomat, apalagi saus sambal, tapi caramel sauce).

Bagi yang tak ingin es bisa minta light ice, sementara di Amerika Serikat, bahasa yang tepat adalah easy on ice. Biasanya, Frappucino dihiasi dengan whipped cream.
Frapuccino bisa juga dipesan dengan gaya affogato. Espresso pada minuman affogato ini ga dicampur, tetapi dituangkan di atas, pada akhir proses. Biasanya disajikan tanpa whipped cream. Selain Frapuccino, Starbucks juga jualan banyak minuman lain seperti ice chocolate dan teh.

Jadi, bagaimana cara memesan yang benar?



Mulai dari ukurannya dulu, kalau mau upsize (biasanya pakai kartu kredit BCA) sebutkan dulu ukuran asli yang mau kita upgrade. Lalu beritahu panas atau dinginnya, supaya Barista bisa ambil gelas yang tepat.

Kemudian, urutin permintaan aneh-aneh kita dengan kolom yang tersedia. Contoh paling sederhana: grande upsize to venti| Ice americano| decaf| single shot| extra syrup. Terakhir, pesanan kita tidak diantar ke meja. Terus jika sudah selesai, bersihkan meja kita. Buang sampah bekas minuman atau makanan ke tempat yang disediakan.
Top