Antara Payung Jokowi dan Payung Bung Karno

Penulis Unknown | Ditayangkan 04 Dec 2016

Aksi super dama 212 kemarin berlangsung tertib. Tapi siapa sangka jika ditengah aksi islam itu payung Jokowi malah ramah dibicarakan oleh Netizen, ada apa ya?

Antara Payung Jokowi dan Payung Bung Karno

BACA JUGA: Hendak Kibarkan Bendera GAM di Gunung Burni, 5 Pendaki Diamankan

Aksi Jokowi membawa payung sendiri memancing komentar dari para pengguna media sosial, baik dari kalangan publik maupun tokoh. Sebelum Jokowi, ternyata aksi unik itu juga pernah dilakukan oleh presiden pertama Ri, Soekarno.

Antara Payung Jokowi dan Payung Bung Karno

Ketika itu, Soekarno dan Wakilnya, Mohammad Hatta, tengah menyambangi wilayah Kenali dan Senaung di Jambi. Foto itu tampak Bung Karno mengenakan pakaian Khas miliknya, Safari, sambil membawa sendiri payung miliknya.

Tampak, Bung Karno yang memakai peci dan kacamata hitam, itu berjalan tegap di depan rombongan yang mengenakan baju daerah setempat. Tak hanya di Kota Jambi, jejak Hatta juga terlacak di Bangko saat Jambi masih menjadi bagian Provinsi Sumatera Tengah.

Berdasar rekaman arsip, Presiden Soekarno mengawali rangkaian perjalanan ke Sumatera pada 1947. Namun di Jambi baru terekam pada 11 April 1962 saat memimpin rapat di Lapangan Garuda Sipin.

Antara Payung Jokowi dan Payung Bung Karno

Dalam rapat itu, Sang Putra Fajar mengajak warga Jambimembulatkan tekad mempertahankan kemerdekaan. Apalagi Negara ini masuk dalam 5 negara dengan jumlah penduduk terbanyak, yakni 96 Juta.

Berdasar arsip-arsip yang tersimpan rapi di Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Jambi, Presiden setibanya di Lapangan Terbang Pal Merah langsung disambut tarian adat Jambi. Soekarno terlihat memegang sirih dari penari gadis belia.

SHARE ARTIKEL