Alhamdulillah, 4500 Warga Aleppo Sudah Berhasil Dievakuasi


AFP/OMAR HAJ KADOUR

Dikabarkan sebelumnya evakuasi warga Aleppo sempat tersendat. Hingga ada beberapa bus dibakar dan satu orang sopir tewas ditembak militan rezim Bashar Al-Asad. Namun kabar terbaru menyebutkan puluhan anak yatim telah meninggalkan Aleppo bersama ribuan orang dalam proses evakuasi terbesar konflik di Suriah.

Baca Juga: Satu Sopir Bus Tewas Ditembak Saat Evakuasi Warga Aleppo

BBC Indonesia melaporkan, Senin (19/12/2016) lebih dari 4.500 warga sipil telah meninggalkan kawasan Aleppo timur yang dikuasai kelompok perlawanan Suriah.

Dalam proses evakuasi itu, Bana Alabed—anak perempuan berusia tujuh tahun yang mengirim pesan tentang keadaan Aleppo lewat twitter—ikut dalam rombongan evakuasi tersebut.

UNICEF sebagai badan milik PBB untuk anak, menyebutkan 47 anak yang terkurung di rumah yatim piatu berhasil dipindahkan ke tempat aman. Sementara warga sipil dievakuasikan ke tempat aman.

Baca Juga: Kondisi Warga Allepo Sangat Memprihatinkan. Relawan Indonesia Beri Ribuan Makanan Siap Saji

Sementara itu, Dewan keamanan PBB telah menerima resolusi yang meminta PBB dan lembaga lainnya untuk melakukan pengawasan netral yang memadai atas evakuasi di Aleppo.

Samantha Power, Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB menyebut resolusi itu sebagai ‘langkah penting’ namun menegaskan ‘jika tidak diwujudkan, hanya menjadi halaman kertas’.

Sebelumnya, Jumat (16/12) upaya awal mengevakuasi warga dari Aleppo timur gagal dilaksanakan. Hal itu mengakibatkan para warga sipil terlantar tanpa makanan dan tempat tinggal. Tetapi operasi dimulai kembali pada Ahad (18/16/2016).
loading...
Top