6 Tips Mudah yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Ruang Bermain Anak Didalam Rumah

Bagi Anda yang memiliki anak, segala kebutuhannya tentunya harus Anda siapkan sebaik-baiknya. Mulai dari menyiapkan kamar tidur, ruang belajar, dan yang tak kalah pentingnya juga menyediakan sebuah ruang bermain.



Yang jelas anak-anak menyukai ruangan yang bisa digunakan untuk bermain sekaligus menyimpan mainan mereka. Nah, karena Anda bukan seorang desainer interior, mencari ide dalam membuat ruang bermain tentunya bisa jadi akan menyulitkan.

Simak juga: Kreatif Membuat Tempat Bermain di Ruangan Kecil

Untuk itu simak langkah-langkah dari rumah.com berikut yang akan memandu Anda untuk membuat ruang bermain yang sempurna bagi anak-anak.


1. Siapa pengguna ruang bermain?


Pertama, Anda harus mengetahui siapa yang akan menggunakan ruangan ini? Sebuah ruang bermain tidak terbatas hanya sebagai wahana bermain anak-anak dan menyimpan mainan mereka.

Orang dewasa pun bisa memiliki ruang bermain di rumahnya, seperti dengan menambahkan sebuah meja biliar di ruangan tersebut dan sebuah sistem tata suara di dalamnya.

2. Perhatikan hobi pengguna


Jika anak memiliki hobi bermain menjadi seorang pelaut, Anda bisa mengecat lantai dengan motif lapangan laut dan menambahkan sebuah kapal mini dan aksesoris lainnya.

Telusuri apa kegemaran anak,  jangan batasi imajinasi dengan hanya membuat sebuah ruangan kosong berisi mainan-mainan. Jika anak memiliki hobi memanjat, Anda bisa mengintalasi sebuah papan tebing di dalam ruangan.

3. Tentukan ruangan yang akan digunakan


Sebelum mulai membangun, tentukan terlebih dahulu ruangan di rumah yang paling cocok digunakan sebagai ruangan bermain. Beberapa orang lebih suka menggunakan ruangan bawah tanah untuk menjadi ruang bermain, karena tempat tersebut mudah direnovasi dan tidak memerlukan usaha keras untuk mengosongkan ruangan tersebut.

Namun jika Anda tidak memiliki ruangan bawah tanah, gunakan kamar manapun yang tersedia di rumah.

4. Televisi sebagai tambahan


Meskipun ruang bermain ini dibuat agar anak tidak selalu terpaku di depan layar, memasang sebuah televisi tetap bisa menjadi sebuah pilihan. Terutama bila anak-anak banyak menghabiskan waktu di ruangan tersebut dan mungkin ingin mengundang teman-temannya untuk bermain playstation atau sekedar menonton kartun bersama.

5. Menambahkan perabotan


Tambahkan sofa yang nyaman, sebuah bean bag, dan beberapa permainan lain untuk membuat ruangan tersebut semakin menyenangkan.

Mendekorasi kamar anak memang menyenangkan, dan pastikan perabotan yang Anda pilih memang berguna di ruangan tersebut. Sebuah lemari atau rak terbuka dengan berbagai ukuran pastinya bisa dimanfaatkan untuk menyimpan mainan anak.

Tambahkan sofa yang nyaman, sebuah bean bag, dan beberapa permainan lain untuk membuat ruangan tersebut semakin menyenangkan.

6. Mendekorasi kamar


Mulai dekorasi dari memilih warna dan wallpaper dinding. Kombinasi warna-warna yang cerah tentunya sangat direkomendasikan untuk menghias kamar anak. Dekorasi kamar seperti pemilihan lantai kayu atau keramik serta perabotan yang digunakan disesuaikan dengan warna yang selaras agar kamar terlihat semakin wow.
loading...
Top