3 Peristiwa Jatuhnya Hercules C-130 di Indonesia


Foto diduga pesawat hercules milik TNI AU yang jatuh (Ist)

Pesawat Hercules milik TNI AU jenis C-130 HS nomor registrasi A-1334 jatuh di Gunung Lisuwa Wamena sekira pukul 05.35 WIB. Pesawat tersebut semula direncanakan mendarat pukul 06.13 Wit di Wamena.

Pesawat Hercules itu terbang dalam misi latihan peningkatan kemampuan penerbang. Dalam latihan tebang tersebut, penerbang yang saat ini berstatus kopilot diuji untuk dapat menjadi kapten pilot.

Namun nahas, 12 kru pesawat dan seorang penumpang dari TNI AU meninggal dunia akibat kejadian ini.

Baca Juga: Pesawat Hercules yang Jatuh Dikabarkan Mengangkut Sembako dan Lainya Hingga 12 Ton

Kejadian jatuhnya pesawat Hercules bukanlah yang pertama kali. Dilansir Okezone berikut 3 kecelakaan pesawat Hercules,

1. Pesawat C-130 Hercules TNI AU Jatuh di daerah Condet Jakarta Timur: 5 Oktober 1991, pesawat Hercules jatuh di daerah Condet Jakarta Timur. Akibatnya sebanyak 133 Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU dan dua warga sipil tewas. Kejadian ini bertepatan dan HUT ke 46 ABRI.

2. Pesawat Hercules C-130 TNI AU jatuh di desa Nggeplak, Kecamatan Karas Magetan Jawa Timur: 20 Mei 2009, pesawat dengan pilot Mayor (Pnb) Danu ini mengangkut 13 penumpang. Pesawat ini jatuh dalam penerbangan dari Jakarta menuju Lanud Iswahyudi, Madiun, Jawa Timur. Pesawat jatuh di sekitar permungkiman dan menimpa tiga rumah penduduk. Akibatnya dua orang penduduk tewas

3. Pesawat Hercules C-130 jatuh di Medan Sumatera Utara: Kecelakaan Pesawat Hercules tipe C-130 nomor 1310 terjadi di Jalan Jamin Ginting Medan, Sumatera Utara, Selasa 30 Juni 2015. Akibatnya 122 orang meninggal. Pesawat ini juga menimpa ruko dan beberapa kendaraan yang terparkir di lokasi.
Top