Yuk, Percantik Taman Minimalis Dengan Kolam Ikan Mungil

Taman berfungsi untuk memberikan suasana hijau dan segar dari rumah anda. Sebuah taman juga bisa  dibuat sebagai tempat untuk bersantai keluarga.Taman minimalis akan terasa sangat indah apabila ditambahkan kolam ikan, karena akan membuatnya tampak lebih segar dan lebih hidup.

Yuk, Percantik Taman Minimalis Dengan Kolam Ikan Mungil


Tapi luas lahan yang sempit menjadi kendala untuk membangun sebuah kolam ikan, oleh karena itu Referensirumah.com menyarankan anda untuk membuat kolam ikan mungil di taman minimalis anda, sehingga tidak akan menghabiskan space dan taman anda akan tetap cantik. Bagi anda yang ingin membangun sebuah kolam ikan, Referensirumah.com punya tipsnya di kutip dari rumah123.

Bersihkan rumput dan tanaman-tanaman di lokasi yang akan direncanakan dibuat kolam. Akan tetapi jangan langsung membuang semuanya, sisakan beberapa tanaman dan rumput untuk digunakan sebagai penghias kolam nantinya agar lebih bervariasi.

Untuk menghemat waktu, tenaga dan biaya, gunakan tangki yang ada di pasaran yang terbuat dari fiberglass untuk kolam. Atau bisa memakai lembaran karet untuk menutup lubang kolam. Dengan demikian proses pembuatan kolam cukup mudah, hanya membuat lubang di taman sesuai ukuran tangki kemudian memasukkan tangki instan tersebut ke dalam lubang yang telah dibuat.



Atur permukaan kolam agar benar-benar kuat dan pastikan bagian bawah tangki sudah datar atau rata dengan dasar lubang agar jika diisi air tidak mudah pecah.

Setelah benar-benar pas dan siap, selanjutnya menuangkan air sampai hampir penuh di permukaan bak tangki kolam.

Untuk langkah terakhir agar kolam terlihat indah, pada sekitar permukaan kolam dapat dibuat kalung dari batu koral yang melingkar di pinggir kolam agar terkesan menyatu dengan pemandangan sekitarnya.

Kolam dapat ditambah dengan tanaman air seperti teratai kecil atau bunga bakung air agar dapat memberikan kesan lebih alami.

Bila perlu, tambahkan air mancur sebagai pemanis. Untuk itu siapkan pipa kecil dengan diameter 2-5 cm dan pompa air khusus kolam yang terhubung dengan kolam ikan tersebut.

Setelah semua selesai dan tidak ada kendala seperti bocor, miring dan sebagainya, masukkan ikan hias yang ingin dipelihara seperti koi, nila atau jenis ikan tawar lainnya yang cocok untuk kolam.



Mudah bukan, tidak perlu menggunakan semen untuk membuat sebuah kolam, cukup dengan tangki fiberglass taman cantik anda sudah jadi. Tapi ingat, selalu jaga kebersihan dan makanan ikannya ya.. Semoga bermanfaat
Top