Yuk, Ajari Buah Hati Membersihkan Rumah Sejak Dini

Mengajari seorang anak dalam berbuat baik, memang harus dimulai sejak dini agar selalu terpakai sampai dewasa terutama dalam membersihkan rumah. Banyak anak yang sudah remaja atau sudah dewasa yang tidak terbiasa membersihkan rumah, itu semua karena tidak diajari saat usia dini.

Yuk, Ajari Buah Hati Membersihkan Rumah Sejak Dini


Tapi, anak-anak pasti tidak mau diajarkan membersihkan rumah karena terlalu berat bagi sang anak. Nah, untuk itulah perlu adanya kegiatan yang menyenangkan supaya selalu giat dan bersemangat dalam membersihkan rumah, seperti permainan berikut ini

1. Bermain Mencuci Baju

Pisahkan kaus kaki dari cucian kering yang lain. Minta anak-anak untuk mencari pasangan masing-masing kaus kaki. Ajari mereka cara melipat baju, lalu adakan kompetisi melipat baju tercepat dan terbanyak. Ajak pula anak bermain peran sebagai kurir untuk menaruh pakaian yang telah dilipat ke kamar yang tepat.

2. Bermain Menata Kamar Tidur

Bermain peranlah menjadi pembeli dan si kecil sebagai penjual untuk mengantarkan mainan atau buku yang berserakan di lantai ke kotak mainan atau laci buku. Bisa juga mengadakan balapan memasang sarung bantal dan guling. Cara ini sangat menyenangkan sehingga efektif mengajarkan anak saat usia dini.

3. Bermain Membersihkan Dapur

Beli peralatan bersih-bersih mainan, semisal sapu kecil dan pengki kecil. Minta mereka melepas mainan magnet di pintu kulkas, mengelap pintu kulkas dengan lap kering, dan memasang mainan magnet kembali sesuai kreativitas mereka. Bagi kita memang biasa saja, tapi bagi anak kecil hal ini menjadi sebuah hal yang menyenangkan.

Mudah sekali bukan, agar selalu bersemangat jangan lupa untuk selalu memuji setiap keberhasilan yang di capai, dan jangan pernah menggunakan kata-kata atau membentak dengan kata kasar agar tidak trauma. Semoga bermanfaat.


loading...
Top