Yakin Dapur Anda Sudah Ditata Dengan Benar? Perhatikan Dulu 5 Kesalahan Ini

Dapur adalah tempat kita menyimpan makanan dan mengolahnya, jadi tak heran jika dapur menjadi tempat yang berantakan dan kotor. Tapi dapur yang kotor akan mengundang hewan yang membawa penyakit seperti kecoa dan tikus, oleh karena itu kita harus menjaganya tetap bersih dan rapi.

Yakin Dapur Anda Sudah Ditata Dengan Benar? Perhatikan Dulu 5 Kesalahan Ini

BACA JUGA: Tips Menyiasati Dapur Sempit Agar Lebih Luas

Dalam menata dapur, juga tidak boleh asal-asalan agar dapur tetap nyaman dan mudah dalam membersihkannya. 5 Kesalahan ini sering sekali terjadi dalam menata dapur sehingga dapur tidak lagi nyaman dan berantakan yang telah dikutip dari majalahasri.

Mengabaikan Alur Aktivitas

Menerapkan alur aktivitas di dapur atau ‘Kitchen triangle’ bukanlah teori semata. Inilah yang perlu Anda rencanakan dengan matang agar aktivitas di dapur terasa nyaman dan aman.
Berdasarkan aktivitasnya, area di dapur terbagi menjadi 3 zona, yakni area menyiapkan, memasak dan menghidangkan.

Ukur jarak antar ketiga zona ini. Jangan terlalu dekat dan jangan pula terlalu jauh. Maka untuk memudahkan mobilitas di dapur, pastikan tiga fitur utama yakni kulkas, sink dan kompor terletak berdekatan atau mudah dijangkau.

Membeli Perabot Memasak Di Akhir

Membeli perabot dapur seperti home appliances atau kitchen utensils biasanya menjadi agenda terakhir dalam proses membangun atau merenovasi dapur. Padahal hal ini sebaiknya direncanakan di awal. Kenapa? Karena ukuran home appliances yang Anda beli seperti kulkas, kompor atau microwave belum tentu sama dengan ukuran lemari dapur yang sudah Anda siapkan.

Lalu dimanakah harus menyimpan perabot kecil seperti sendok, garpu dan perangkat memasak yang sudah terlanjur dibeli dalam jumlah banyak? Menyimpannya dalam sebuah wadah lalu diletakkan disudut ruangan tentu saja akan merusak keindahan dapur. Maka, sebaiknya tempat penyimpanan ini sudah direncanakan dulu diawal perencanaan desain dapur. Sehingga hasilnya akan lebih rapi dan well organized.

Minim Ventilasi

Beberapa kondisi dapur yang dibuat oleh developer biasanya tertutup dan tidak memiliki akses bukaan keluar. Padahal penting sekali menghadirkan ventilasi di dapur guna membuang hawa panas serta bau masakan yang berputar di dalamnya. Jika tak memungkinkan membuat ventilasi, paling tidak gunakan cookerhood untuk menyedot bau agar dapur tetap terasa nyaman dan tidak pengap.

Pencahayaan Yang Buruk

Pastikan Anda menggunakan general lighting dengan cahaya terang berwarna putih. Hal ini agar Anda bisa fokus mengamati detil proses memasak dan tidak cepat merasa lelah atau panas. Adapun lampu sorot (spotlight) bisa digunakan untuk menerangi benda hiasan (artwork) dapur.

Mengabaikan Material Backsplash

Pilihlah material yang mudah dibersihkan untuk menutupi bidang dinding backsplash di area memasak. Anda bisa menggunakan keramik atau stainless steel. Agar tampilannya menarik, pilih motif keramik yang indah dipandang sehingga dapur Anda terlihat semakin menarik.

Bagaimana? Apakah dapur anda sudah terbebas dari 5 kesalah diatas? Jika iya, berarti dapur anda sudah menjadi dapur yang rapi dan tentunya nyaman.. Semoga bermanfaat.

loading...
Top