Wonderful Indonesia! Kenalkan Primadona Suaka Marga Satwa Barumun di Padang Lawas, Danau Tasik


Taman alam ini berada di zona penyangga kawasan Suaka Margasatwa (SM) Barumun, yakni kawasan hutan konservasi yang tidak boleh ada aktivitas apapun yang merusaknya. Dikelola dengan konsep ekowisata karena melibatkan peran serta masyarakat untuk menekan laju deforestasi kawasan hutan. Danau Tasik mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan, serta menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Kawasan Suaka Marga Satwa Barumun di Padang Lawas Utara, Sumatera Utara ini.

Baca juga : Roti Isi Telur Rebus, Kudapan A la Korea yang Pastinya Menggugah Selera, Intip Yuk!

Danau itu merupakan danau buatan. Luasnya 23 hektare. Kalau musim kemarau airnya surut. Tapi, danau itu tampak sangat luas bila waktu memasuki musim hujan. "Sering kali pengunjung bisa gunakan getek atau sampan," kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Sumatera Utara, Hotmauli Sianturi.

Kawasan Suaka Marga Satwa Barumun sendiri luasnya kurang lebih 36.261 hektare. Kawasan itu telah ditetapkan jadi kesatuan pengelolaan hutan konservasi (KPHK) sejak september 2015. Program ini merupakan kerjasama yang digagas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Sumatera Utara yang didukung oleh Tropical Forest Conservation Action (TFCA) Sumatera, Konsorsium Barumun.


Termasuk Balai Taman Nasional Batang Gadis, Pemda Padang Lawas, Pemda Padang Lawas Utara, Mandailing Natal, dan Tapanuli. Kawasan Suaka Marga Satwa Barumun merupakan lokasi konservasi harimau dan gajah Sumatera yang keberadaannya terancam punah.

Baca juga : Bikin Merinding! Nyata, Makhluk Aneh Keluar dari Batang Pohon yang Telah Terpotong

SM Barumun merupakan kawasan non taman nasional (TN) terluas yang ada di Sumut. Kawasan ini juga menjadi habitat beberapa jenis satwa kunci seperti harimau Sumatera, orang utan, siamang, burung rangkong dan beruang madu yang jika dikelola dengan memanfaatkan jasa lingkungan bisa membuka peluang bagi masyarakat sekitar kawasan dan pihak lainnya untuk mendapatkan keuntungan dan menambah kelestarian taman itu sendiri.
Top