Waspada! Tak Selalu Benjolan yang Jadi Pertanda Kanker Payudara, Tapi Ini

Kanker payudara adalah momok bagi para wanita di dunia. Banyak yang beranggapan bahwa benjolan pada payudara adalah pertanda dari kanker payudara, tapi ternyata 1 dari 6 wanita yang mengalami kanker payudara tidak mengalami benjolan.



BACA JUGA: Apa Benar Mandi Sebelum Waktu Subuh Bikin Awet Muda? Ternyata Justru...

Kanker payudara tanpa benjolan inilah yang sangat berbahaya, karena tidak diketahui benar jika wanita tersebut ternyata sudah mengidap penyakit berbahaya ini.

Dikutip Wajibbaca dari Kompas, "Sangat penting bagi wanita untuk menyadari bahwa benjolan bukan satu-satunya gejala kanker payudara. Jika merasa tidak yakin dengan gejala-gejala tertentu di payudara, segeralah cek ke dokter," kata Monica Koo, kandidat doktor dari Universitas College London.

Koo dan timnya melakukan analisa data di Inggris yang melibatkan 2.300 wanita yang terdiagnosis kanker payudara antara tahun 2009-2010.

Koo mengelompokkan tiap pasien berdasarkan gejala yang mereka periksakan ke dokter. Total, 83 persen wanita itu mengalami benjolan pada payudara, gejala kanker payudara yang paling dikenali.

Sekitar 7 persen mengalami ketidaknormalan pada putingnya, 6 persen mengeluhnya nyeri pada payudara, 2 persen mengeluhkan kulit payudara yang tidak normal, dan 1 persen mengalami ada borok di payudaranya.

Sejumlah kecil wanita juga mengalami gejala yang tidak terkait dengan payudara. Misalnya saja ada benjolan di ketiak, ada yang mengeluh nyeri punggung, atau nyeri otot dan susah bernapas.

Para pasien yang tidak mengalami benjolan itu umumnya menunda pemeriksaan ke dokter. Padahal, penyakit kanker payudara memiliki peluang kesembuhan lebih besar jika segera mendapat perawatan.
Top