Tips Mudah Menyiasati Ruang Tamu Mungil Agar Tetap Nyaman dan Terasa Lebih Luas

Ruang tamu adalah salah satu bagian terpenting suatu rumah, entah itu rumah minimalis, mewah atau sederhana. Bagi rumah mewah sudah pasti ruang tamunya besar dan luas, namun tidak dengan model rumah minimalis dan sederhana yang ruang tamunya terbatas.

Tips Mudah Menyiasati Ruang Tamu Mungil

Bagi anda yang ruang tamunya terbatas dan cenderung kecil, Referensirumah.com punya tipsnya yang telah di rangkum dari desainrumah99.

1. Pilih perabotan yang tidak terlalu tinggi


Sebuah kesalahan untuk menempatkan perabotan yang berukuran besar di ruang tamu berukuran kecil, jadi tempatkanlah perabotan sesuai dengan proporsi ukuran ruangan. Sebuah ruangan yang kecil juga akan tampak kewalahan terhadap perabotan yang berukuran tinggi, jadi pilihlah perabotan yang berukuran pendek-sedang, mulai dari sofa, meja, hingga kerajinan tangan. Semua ini bertujuan untuk membantu memperluas ruangan secara visual.

2. Atur lukisan atau foto dengan rapi


Jika anda ingin menggantungkan beberapa lukisan atau foto, tempatkanlah secara rapi dan dalam bentuk yang simetris. Hal ini membantu ruangan agar tidak terkesan berantakan dan membuat ruang tamu tampak lebih bersih dan lapang.

3. Pilih skema warna sederhana

Pilih skema warna yang sederhana, hanya melibatkan maksimal dua warna saja. Warna putih membantu mengesankan ruangan tampak lebih besar. Warna putih bisa dikombinasikan dengan warna natural lainnya seperti biru gelap atau hitam, karena bisa bekerja lebih baik dari warna terang.



Anda juga bisa menentukan satu warna saja, yakni warna putih yang dikombinasikan dengan gelapnya warna lantai. Alternatif lain, jika perabotan atau mebel dan dinding ruang tamu berwarna gelap, maka pastikan jika lantainya berwarna terang.

4. Hindari tirai tebal


Sebuah jendela yang luas merupakan ‘anugerah’ untuk ruangan berukuran minimalis, sehingga jangan membuatnya tampak sumpek dengan memberikan tirai yang tebal dan berat. Sebagai gantinya pilihlah tirai yang ringan atau yang tembus pandang.

5. Pilih Perabotan kaca


Perabotan-perabotan berbahan kaca yang memberikan efek tembus pandang dapat membuat ruang tamu anda terasa lebih besar. Perabotan-perabotan kaca membantu ruangan tampak lebih terang dan cerah. Anda bisa menempatkan meja kaca, lemari kaca, atau bahkan vas bunga berbahan kaca.

Mudah kan, dengan menerapkan tips diatas ruang tamu minimalis dan mungil anda akan terasa lebih luas.
loading...
Top