Tips Menentukan Ukuran Pintu Agar Akurat

kebayang gak sih, bagaimana kalau sebuah bangunan tidak ada pintunya? Haha.. Pasti kesulitan kan, kalau mau keluar. Itu lah sebenarnya fungsi dari pintu yaitu akses keluar masuk di dalam sebuah bangunan.

Tips Menentukan Ukuran Pintu Agar Akurat


Membangun sebuah bangunan diperlukan perhitungan yang pas agar jadinya lebih baik, begitu juga pintu. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika menentukan berapa ukuran pintu yang pas, lebih baik anda membaca tips berikut ini.

Ukur dahulu berapa Ukuran tinggi dan lebar kusen pintu. Saya sarankan sebaiknya disesuaikan dengan bangunannya baik itu tinggi serta lebar ruangan dan kegunaan dari pintu itu sendiri. Sebagai contoh pintu utama sebaiknya lebih besar dari pintu lainnya dan pintu kamar mandi dapat lebih kecil daripada pintu kamar tidur.Sedangkan model daun pintu sebaiknya juga diselaraskan dengan gaya yang diusung dari bangunan rumahnya. Rumah yang bergaya minimalis seharusnya menggunakan model daun pintu yang minimalis pula.

Bahan pintu  

Anda juga perlu menentukan bahan pintu apa yang ingin anda buat. Anda bisa memilih bahan kayu, alumunium, besi, plastik atau kaca. Untuk kusennya anda juga bisa dibuat dari beton, kayu, atau plastik dan tidak dengan kaca karena perlu dipaku dengan kuat. Tentukan juga warna yang pas untuk pintu tersebut. Satu lagi yang tak kalah penting, pastikan juga model pintunya apakah pintu geser, biasa 1 daun atau 2 daun.

Ukuran Pintu 

Sebenarnya untuk ukuran-ukuran lubang pintu tersebut ada ukuran standarnya, yaitu :
Tinggi Pintu
Ditentukan berdasarkan tinggi orang normal yaitu 1.60 meter ditambah tinggi orang bebas 0.40 meter sampai 0.60 meter.

1. Lebar Pintu 

Ditentukan berdasarkan tempat dang fungsinya, antara lain :
Pintu utama kantor  : sampai dengan 3.00 meter
Pintu kamar tidur    : 0.80 meter
Pintu kamar tamu   : 1.00 meter sampai dengan 1.20 meter
Pintu kamar mandi  : 0.60 meter sampai dengan 0.70 meter

2. Pintu Garasi dan Gudang 

Tinggi kendaraan ditambah 0.40 meter sampai dengan 0.60 meter, tinggi minimum 2.50 meter.
Lebar minimum 3.00 meter.

Dengan tips diatas, dijamin tidak mengalami kesulitan sewaktu membangun sebuah pintu. Semoga bermanfaat.
Top