Tips Mendesain Taman Mungil Di Lahan Sempit Samping Rumah

Lahan mungil disebuah rumah bisa kita manfaatkan salah satunya dengan mendesainnya menjadi sebuah taman mungil, sehingga rumah menjadi lebih hijau dan asri. Keterbasan ruang menjadikan proses dan mendesain sebuah lahan sempit menjadi sulit.

Tips Mendesain Taman Mungil Di Lahan Sempit Samping Rumah


Selain itu, jika tidak didesain dengan baik, maka taman tersebut tidak akan indah justru akan terlihat jelek dan tidak serasi dengan rumah tersebut. Untuk itulah, sebelum anda membangun taman mungil, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini yang telah dikutip dari majalahasri.

Pijakan Kaki




Pijakan kaki cukup penting walaupun ditaman yang berukuran mungil. Hal ini agar tidak merusak rumput saat berjalan dan memudahkan saat tengah berada di taman, entah untuk merawat tanaman atau keperluan lainnya.

BACA JUGA: Ternyata Inilah Rahasia Memilih Stepping Stone Berkualitas

Pijakan juga akan berguna ketika terdapat perbaikan rumah. Pijakan dapat berasal dari batu, koral sikat, atau semen yang dicetak. Beberapa juga ada yang menghiasnya dengan material lain, seperti kayu.

Tanaman




Karena ukurannya yang tidak terlalu luas, sebaiknya lahan tidak ditanami dengan pepohonan yang besar dalam jumlah banyak. Jika memang mau menanam pohon dengan ukuran cukup besar atau yang nantinya akan tumbuh seperti itu, usahakan hanya satu dan tanam di sisi ujung taman.

LIHAT: Referensi Model Taman Bernuansa Jepang

Bila tidak ada pohon, buat rak berjajar atau bertingkat dan letakkan pot-pot tanaman mini untuk mempercantik taman. Usahakan agar tidak terlalu banyak ornamen pada taman agar tidak terlihat penuh dan tanaman mendapat ruang yang cukup untuk tumbuh.

Saluran Drainase




Taman mungil di rumah juga memerlukan saluran drainase yang baik. Meski terlihat sepele, faktor ini tak boleh diabaikan karena berpengaruh terhadap tumbuhnya tanaman. Drainase berguna untuk mencegah genangan air di taman. Genangan air akan membuat taman becek dan terlihat kotor, rumput pun juga dapat rusak karenanya.

Pencahayaan




Pencahayaan (lighting) dapat membentuk suasana taman. Dengan adanya lampu, taman mungil di pekarangan rumah tetap dapat dinikmati di malam hari. Umumnya, pencahayaan taman disatukan dengan penerangan pada fasad atau bagian luar rumah lainnya. Lampu dapat diletakkan di sisi ujung dan menerangi semua sisi taman mungil. Bisa juga, menggunakan lampu sorot dan menampilkan keindahan bagian-bagian tertentu di taman.

Dengan mengikuti tips diatas, ukuran lahan yang sempit dan mungil tidak jadi masalah dan taman anda akan tetap asri.. Semoga bermanfaat.

loading...
Top