Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Untuk Interior Rumah Minimalis Modern

Tak dapat dipungkiri, pewarnaan dinding rumah adalah salah satu hal penting yang juga harus diperhatikan saat membuat sebuah rumah hunian. Karena dengan adanya warna, sebuah hunian akan lebih memiliki nilai estetika atau keindahan. Selain itu juga dapat menciptakan suasanya nyaman bagi penghuninya.

Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Untuk Interior Rumah

Namun, dalam hal memilih warna cat untuk interior rumah, kita seringkali dibuat bingung dan pusing dengan banyaknya pilihan warna yang tersedia, terutama dalam hal mengkombinasikan antara warna yang satu dengan warna yang lainnya. Akan tetapi, dengan banyaknya pilihan warna cat tersebut, janganlah membuat kreatifitas kita terjebak dan terbatas dengan hanya memilih warna cat yang sudah umum dan aman digunakan, sehingga membuat rumah kita terkesan kaku dan kurang indah dipandang.

Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Untuk Interior Rumah

Maka dari itu, kita harus bisa memanfaatkan kekayaan warna tersebut dengan cara memilih warna cat rumah yang lebih berani dan lebih kreatif agar mendapatkan hasil ruangan yang lebih berwarna dan tidak kaku sehingga nyaman dan enak untuk di pandang, baik untuk kita sendiri maupun untuk orang yang datang berkunjung ke rumah kita.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam hal memilih warna interior rumah :


• Tips yang pertama adalah dengan mempelajari tentang tata pewarnaan. Bisa dari buku, majalah atau dari internet atau bisa juga bertanya langsung pada ahlinya, kemudian coba beranikan untuk memberikan kombinasikan warna, serta karakter dan efek-efek yang dimunculkannya.

• Tips yang selanjutanya adalah cara paling mudah yang bisa kita lakukan yaitu dengan cara menentukan tema dari suatu ruangan. Tema yang kuat akan memudahkan Anda dalam hal memilih warna cat yang tepat. Dan tentunya setiap ruangan memiliki tema dan suasana yang ingin diciptakan berbeda-beda. Misalnya, dapur dengan nuansa yang lembut dan fresh, sedangkan untuk kamar mandi dengan suasana hangat, tenang dan sejuk, warna merah muda yang cocok untuk kamar tidur feminine yang biasa digunakan oleh para kaum wanita.

Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Untuk Interior Rumah

• Tips yang selanjutnya adalah dengan memperbanyak mengunjungi tempat-tempat yang kaya akan variasi desain interior rumah dan juga bisa membaca buku dengan berbagai variasi ide desain interior rumah. Sehingga akan banyak referensi desain yang didapat akan memudahkan Anda dalam hal menata rumah Anda sendiri.

• Tips yang selanjutnya adalah dengan mengenali dengan baik fungsi utama dari sebuah ruangan. Dengan pemilihan warna cat itu pastinya akan dapat memperkuat karakter suatu ruangan. Sebagai contohnya adalah warna putih terang yang menunjang kehigienisan suatu dapur.

• Tips yang selanjutnya adalah dengan cara memilih warna netral untuk ruangan yang multifungsi seperti ruang tamu dan ruang keluarga. Selain nyaman untuk dipandang, warna netral seperti coklat, krem, hitam, atau putih akan memudahkan Anda dalam memadu padankan warna lainnya.

• Tips yang selanjutnya adalah dengan cara menerapkan konsep warna monokromatik. Apabila warna netral tersebut terlalu monoton, cara yang lain adalah dengan menerapkan konsep warna yang monokromatik, jadi Anda hanya tinggal memilih satu warna utama sebagai panduan menata ruang, mulai dari warna dinding hingga perabotan.

Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Untuk Interior Rumah

• Menerapkan konsep 60-30-10. Yang dimaksud konsep 60-30-10 adalah porsi warna cat untuk rumah minimalis Anda. Untuk 60 persen pertama, ini menunjukkan untuk dinding rumah Anda. Sementara itu, 30 persen artinya adalah bagian untuk perabot, plafon, dan lain-lain. Sedangkan 10 persen sisanya adalah warna-warna untuk ornamen. Tentu saja porsi-porsi ini sangat pas untuk ruangan interior di rumah minimalis Anda, seperti interior ruang tamu Anda. Cat rumah dengan kombinasi yang pas akan memberikan kesan segar dan tidak timpang.

• Tips yang selanjutnya adalah dengan mencoba membuat sumulasi kecil. Untuk memudahkan Anda dalam hal memilih warna cat rumah, coba anda buat simulasi kecil dengan menggunakan coretan di kertas, dengan cara menggambar rumah Anda dan cobalah untuk mewarnainya. Untuk lebih baiknya bikin sketsa rumah Anda dengan menggunakan software desain rumah dan cobalah untuk memilih warna yang sesuai dengan dinding interior rumah anda.

• Tips yang selanjutnya adalah dengan menggunakan warna kesukaan anda, apabila cara yang lain tidak ada yang cocok juga, maka tidak ada salahnya Anda mengaplikasikan warna favorit Anda ke dalam ruangan rumah.  Anda bisa mengikuti kata hati Anda, dan jangan pernah Anda abaikan selera Anda.

Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Untuk Interior Rumah

Nah itulah beberapa tips dalam hal memilih warna untuk interior rumah Anda dan mengkombinasikannya. Semoga dapat memberikan inspirasi dalam hal memilih warna yang tepat untuk rumah Anda. Semoga bermanfaat.
Top