Tips Hemat Menyejukkan Kamar Walaupun Tanpa AC

Kamar yang sejuk akan membuat kita nyaman di dalamnya. Untuk mendapatkan sebuah kesejukan di dalam ruangan, biasanya kita menggunakan AC. Tapi harga AC yang tidak murah, membuat kebanyakan orang meninggalkannya.

Tips Hemat Menyejukkan Kamar Walaupun Tanpa AC

Jangan khawatir, anda juga bisa kok membuat ruangan anda sejuk walaupun tanpa memasang AC di ruangan Anda.. Mau tau Bagiamana? Inilah 5 tips menyejukkan kamar walaupun tanpa AC dikutip dari liputan6.

1. Pilih warna yang tepat 

Mungkin Anda tidak menyadari, pemilihan warna cat untuk kamar ternyata dapat memberi efek berbeda. Bila Anda memilih warna cat yang gelap, sudah tentu kamar terasa lebih sumpek.

Untuk itu, pilihlah warna-warna yang mencerahkan kamar. Warna-warna seperti biru muda, putih, hijau muda, dapat memberikan perasaan tenang dan sejuk bagi orang yang melihat dan berada di kamar tersebut. Pilih juga lampu dengan watt kecil agar ruangan tidak terlalu panas.

2. Ventilasi 

Sudah tentu, ventilasi memiliki peranan penting membuat suasana kamar yang sejuk. Bagi kamar yang tidak memiliki pendingin ruangan, ventilasi menjadi sesuatu yang krusial. Sebab, udara yang berputar di kamar nantinya udara yang itu-itu saja.

Jika ingin membuat ventilasi, buatlah ventilasi silang. Yakni, ventilasi yang saling berhadapan dan memungkinkan udara mengalir dari dalam ke luar atau sebaliknya tanpa harus mengendap dalam ruangan. Tapi bila tak punya ventilasi, pasanglah Exhaust Fanyang harganya tak terlalu mahal.

3. Minimalkan barang di dalam kamar 

Kamar yang terlalu penuh selain terlihat sumpek, juga tak baik untuk kesehatan tentunya. Semakin banyak barang di kamar, debu yang menumpuk pun semakin banyak. Bila Anda memiliki barang yang tidak penting, letakkan di luar atau di gudang.

4. Tanaman 

Anda juga bisa menambahkan Tanaman di Ruangan anda agar terasa lebih segar. Anda bisa meleakkannya di depan jendela agar mendapatkan lebih banyak cahaya matahari, jangan lupa untuk menyiraminya ya, supaya tetap hidup dan menyegarkan ruangan anda.

5. Maksimalkan penggunaan kipas angin 

Memakai kipas angin pun ada aturannya agar kamar terasa sejuk. Mengarahkan kipas langsung ke tubuh, hanyalah akan mendinginkan badan untuk sesaat. Selain itu, cara tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan.

Cara yang benar jika ingin kamar terasa sejuk dengan kipas angin adalah mengarahkan kipas ke arah dinding yang berlawanan dengan Anda. Hal ini akan membuat sirkulasi udara lebih baik dan udara dingin berputar di ruangan.

Dengan melakukan tips-tips diatas, dijamin kamar anda akan sejuk layaknya di pasang AC. Semoga bermanfaat..
loading...
Top