Tips Cerdas Merawat Perabot Rumah Mudah Pecah

Disetiap rumah pasti ada saja perabot yang mudah sekali pecah, seperti barang yang terbuat dari kaca ataupun keramik. Perabot yang mudah pecah harus di rawat dengan cara khusus agar lebih awet dan tahan lama, apalagi perabot yang mahal seperti vas pasti anda tidak mau kan kalau benda tersebut pecah.

Tips Cerdas Merawat Perabot Rumah Mudah Pecah


Dalam merawat perabot rumah yang mudah pecah ada beberapa tipsnya yang telah kita rangkum dari rumah123.

1. Urutan mencuci barang pecah belah 

Mencuci barang pecah belah sebaiknya dimulai yang terdapat kotoran sedikit seperti gelas atau cangkir. Hal ini agar barang pecah belah yang lebih bersih tidak terkontaminasi oleh kotoran pecah belah yang lain.

2. Rendam piring kotor terlebih dahulu 

Makanan yang menempel saat kering, seperti nasi, biasanya akan sulit dibersihkan saat dicuci. Agar proses mencuci kotoran pada piring dapat dilakukan dengan mudah sebaiknya rendam terlebih dahulu piring kotor tersebut. Akan tetapi untuk peralatan yang terbuat dari aluminium sebaiknya jangan direndam terlalu lama dalam air sabun karena bisa membuat warnanya memudar.

3. Gunakan air hangat 

Lemak yang menempel di piring biasanya susah hilang saat dicuci. Untuk itu gunakan air hangat untuk menghilangkan lemak tersebut. Namun hati-hati, jangan menggunakan air panas karena beberapa barang pecah belah rentan retak saat terkena air panas.

4. Gunakan spon yang lembut 

Hindari sabut kasar atau yang berbahan besi karena bisa merusak motif pecah belah terutama pada piring. Gunakan spon halus dan sabun cuci saat dibersihkan.

5. Keringkan dengan lap kering 

Untuk menghindari noda air yang tertinggal dan hal itu sering susah untuk dihilangkan, pastikan pecah belah kering dengan benar sebelum menyimpan dalam lemari.

6. Jangan menumpuk piring atau mangkuk berlebihan 

Barang pecah belah cenderung lebih berat dan bisa menyebabkan tumpukan yang paling bawah retak bahkan pecah jika ditumpuk dalam jumlah yang banyak. Anda bisa menyusun dalam posisi berdiri di rak piring. Agar cangkir aman tidak retak, gunakan bantuan alat penggantungan setelah dicuci secara rapi atau bisa juga disimpan dalam wadah yang telah dilapisi dengan kain atau kertas.

7. Hindari panas langsung 

Jangan menyimpang barang pecah belah di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau berdekatan dengan sumber panas seperti kompor. Panas yang terus menerus akan dapat menyebabkan barang pecah belah mudah retak dan pecah.

8. Simpan di tempat bersih dan tertutup 

Kebersihan barang pecah belah harus tetap terjaga agar kuman dan bakteri yang telah dibersihkan dengan susah payah tidak menempel kembali.

Tidak terlalu sulit kan perawatannya. Dengan memperhatikan hal-hal diatas, benda mudah pecah kesayangan anda bakal lebih awet dan tidak mudah pecah. Semoga bermanfaat.

loading...
Top