Tips Cerdas Menghemat Listrik Akibat Pemakaian AC

Pasti sudah pada tahu, apa fungsi dari alat elektronik yang satu ini. Yap, AC adalah alat untuk menyejukkan ruangan dan lebih dingin dari kipas angin.



BACA JUGA: Jangan Meletakkan 5 Benda Ini Di Kamar Mandi Anda!

Seperti alat elektronik lainnya AC juga memerlukan listrik sebagai bahan bakar. AC pun memerlukan daya listrik yang cukup besar dibandingkan alat elektronik lainnya. Nah, agar biaya listrik tidak membengkak dikarenakan AC, kita harus menghematnya semaksimal mungkin dengan cara ini.

Mungkin untuk yang pertama Anda bisa memilih tipe AC yang hemat energi seperti yang banyak beredar di pasaran. Selain itu, Anda juga dapat menyalakan AC sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan biarkan AC di rumah Anda menyala selama 24 jam penuh seharian, karena jika ini terjadi, bisa dipastikan tagihan listrik akan semakin mahal.

Selain dua hal di atas, ternyata ada hal lain yang dapat Anda lakukan untuk menghemat listrik di rumah. Cara ini sangat simpel dan mudah untuk dilakukan. Anda cukup mengatur suhu AC Anda pada tingkatan suhu yang tepat. Suhu AC yang disarankan untuk menghemat listrik di rumah adalah 25 derajat Celcius. Pada tingkatan suhu ini, konsumsi listrik di rumah tidak akan menjadi terlalu boros.

Hal lainnya yang juga perlu diperhatikan adalah pastikan Anda menutup rapat ruangan seperti kamar tidur Anda saat AC menyala. Karena jika ruangan dalam keadaan terbuka, hawa dingin akan lebih terasa. Jika ruangan dibiarkan terbuka, rasa dingin akan lebih lama terasa. Risikonya, tagihan listrik benar-benar berlipat dari biasanya.

Cukup mudah kan? Hanya dengan cara simple saja, listrik dirumah anda akan lebih hemat tanpa menguras dompet anda.. Semoga bermanfaat

Top