Tips Cerdas Mengatasi Kamar Mandi Lembab dan Berjamur Tanpa Menguras Tenaga

Kamar mandi adalah ruangan dalam rumah kita dan terdapat banyak sekali air didalamnya, sehingga tak heran apabila kamar mandi akan lembab dan ditumbuhi jamur serta lumut. Dapur yang lembab dan berjamur akan terlihat kotor dan tidak terawat.



BACA JUGA: Tips Mendesain Dapur Unik Dengan Kesan Retro

Tak hanya itu, kamar mandi yang lembab juga akan menjadi sarang bakteri, pasti tidak mau ka keluarga kita terserang penyakit dikarenakan kamar mandi kotor? Anda bisa saja mengatasi kamar mandi yang lembab dan berjamur dengan tips cerdas ini yang dikutip dari majalah asri

Pilih Material yang Tidak Mudah Lembap

Keramik, marmer dan granit adalah contoh material yang tidak mudah lembap yang bisa Anda terapkan di kamar mandi di rumah Anda. Hindari material yang sifatnya menyerap air sehingga membuat ruangan mudah lembap.

Jaga Sirkulasi Udara di Kamar Mandi

Jika kamar mandi Anda terdapat jendela, selalu buka jendela agar sirkulasi udaranya cukup dan udara lembap dapat keluar. Jika kamar mandi Anda tak memiliki jendela, maka usahakan memasang exhause fan untuk menjaga sirkulasi udara. Kamar mandi yang tidak memiliki jendela lebih mudah lembap dan menimbulkan bau tidak sedap, terutama ketika baru saja selesai digunakan.

Tambahkan Cahaya Alami

Jika mustahil membuat kamar mandi Anda mendapat cahaya matahari karena tidak terdapat jendela di dalamnya. Buat atap dari kaca pada bidang plafon agar cahaya matahari bisa masuk. Selain membantu mengurangi kelembapan, cahaya matahari juga membantu untuk membunuh kuman yang ada di dalam kamar mandi.

Jaga Kamar Mandi untuk Tetap Kering

Kamar mandi yang basah lebih rentan menjadi tempat hidup kuman. Karena itu penting untuk menjadikannya selalu kering. Banyak orang berpikir bahwa kamar mandi yang basah adalah kamar mandi yang bersih, padahal bakteri dan kuman cenderung mudah berkembang biak di tempat yang basah

Singkirkan Kerak dan Jamur

Kerak dan jamur di dinding dan kloset tentu akan sangat tidak enak dilihat. Untuk menyingkirkannya Anda bisa menggunakan cairan pembersih atau karbol dan sikat. Kerak dan noda membandel yang dibiarkan akan membuat kamar mandi Anda tampak menjijikan. Gunakan sarung tangan ketika sedang membersihkan dengan pembersih.

Gunakan Pewangi Kamar Mandi

Agar kamar mandi senantiasa harum, gunakan pewangi kamar mandi. Aroma lemon atau jeruk bisa membuat kamar mandi Anda senantiasa segar. Atau bisa juga Anda menggunakan perasan lemon dan air hangat yang disiram ke lantai kamar mandi.

Bagaimana? Tak sulit kan.. selain itu juga tidak terlalu menguras tenaga dan waktu anda. Semoga bermanfaat.
Top