Tips Ampul Mengatasi Suara-suara "Aneh" di dalam Rumah, Inilah Penjelasannya


Ketika terbangun di tengah malam dan mendengar suara-suara aneh dari kamar mandi, plafon, atau bahkan di antara dinding, jangan terburu-buru berkesimpulan bahwa ada aktivitas paranormal terjadi di rumah.

Cobalah untuk tenang, mencari sumber bunyi tersebut, kemudian pikirkan jalan keluarnya. Berikut ini beberapa kemungkinan yang bisa terjadi di rumah Anda, berikut solusinya, seperti yang dirangkum oleh kompas.com dan diteruskan oleh wajibbaca.com

Pertama, suara gemericik air dari kamar mandi. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terdengarnya suara gemericik air.

Kerusakan keran, tidak tertutupnya saluran flush kloset dengan sempurna, atau adanya aliran air mengalir di dalam pipa.

Untuk mengatasi hal ini, segeralah mengganti keran di kamar mandi Anda, mengecek saluran pada kloset, dan membetulkan posisi katupnya, serta memastikan seluruh keran tertutup dengan sempurna. 

Kedua, adanya suara ketukan atau dentuman dari dalam dinding. Suara ini terdengar lembut tetapi terjadi terus-menerus, atau bisa juga mengejutkan.

Hal ini kemungkinan terjadi karena tekanan udara pada pipa di dalam dinding. Tekanan udara menyebabkan pipa tersebut bergetar ketika tekanan tersebut dilepaskan.

Menyelesaikan masalah ini bukan perkara mudah, terutama karena Anda terpaksa harus mengecek pipa di dalam dinding. Hubungi tukang atau ahli perbaikan rumah secepatnya.

Ketiga, dengung dari alat elektronik. Bunyi-bunyian berulang dari alat elektronik seperti pendingin udara (AC), lemari es, dan kipas angin membuat sebagian orang merasa tenang, tetapi ada juga yang menganggapnya gangguan.

Bunyi-bunyian mengganggu dari pendingin udara biasanya terdengar dari unit eksteriornya. Sementara, bunyi-bunyian serupa dari lemari es kemungkinan berasal dari motor kompresor.

Barang-barang elektronik keluaran terbaru biasanya tidak mengeluarkan dengung bising sekeras barang elektronik tua. Mintalah saran ahli elektronik untuk menyelesaikan masalah ini.

Keempat, derit dari mesin pengering pakaian. Ketika mengeringkan pakaian, bunyi derit dapat terdengar lantaran muatan mesin melebihi kapasitasnya.

Selain itu, pakaian di dalam pengering tidak disebar dengan rata. Hentikan mesin pengering dan usahakan Anda mengatur pakaian dengan seimbang di dalamnya.

Kelima, derit anak tangga kayu yang umumnya terjadi ketika seseorang melangkah di atasnya.

Antara satu lempengan kayu dengan lempengan lainnya saling bergesekan hingga menimbulkan bunyi.

Hilangkan bunyi-bunyian ini dengan memaku, mengebor, atau mengelem papan kayu pada anak tangga. Pastikan tidak ada ruang bagi kayu-kayu tersebut untuk saling bergesek.

Terakhir, bunyi garukan dan gemerisik di plafon dan dinding. Penjelasan yang mungkin terjadi adalah rumah Anda "diserang" oleh hewan pengerat.


Tikus dan hewan-hewan liar lainnya mungkin saja "menumpang" di plafon, pembatas dinding, atau di bagian belakang lemari. Segera atasi kehadiran hewan-hewan ini agar tidak menjadi sumber penyakit.
Top