Tips Aman Menyusun Intsalasi Listrik Untuk Kamar Mandi Anda

Listrik sudah menjadi kebutuhan wajib bagi orang yang hidup dijaman modern ini. Sebab, barang-barang modern masa kini kebanyakan menggunakan listrik sebagai dayanya atau biasa disebut dengan barang elektronik.

Tips Aman Menyusun Intsalasi Listrik Untuk Kamar Mandi Anda

BACA JUGA: Kamar Anda Sudah Masuk Kamar Ideal Jika Sudah Memenuhi Syarat Ini

Kita tahu, kalau air mudah untuk menghantarkan listrik dan kita juga tahu kalau kamar mandi banyak terdapat air. Lalu, apakah kamar mandi tidak bisa dipasangi listrik? Tentu saja bisa tapi dengan cara yang benar agar tidak konslet dan tidak membahayakan. Dengan tips ini anda dapat menyusun instalasi istrik di kamar mandi dengan aman, dilansir dari spectrum paint.

1.    Lakukan Pendataan Alat Elektronik yang Akan Digunakan

Sekadar info, biasanya pada kamar mandi dibutuhkan listrik, selain untuk lampu penerang, juga untuk kebutuhan mengoperasikan hair dryer, peralatan pengering tangan, dan mesin pencukur kumis/jenggot. Peralatan ini membutuhkan daya hingga sekitar 500watt.



Besar daya peralatan penting untuk diperhatikan. Wajib hukumnya untuk menyesuaikan kebutuhan daya ini dengan ketersediaan total daya listrik di rumah. Selain itu, kebutuhan daya ini juga berpengaruh terhadap ukuran dan tipe kabel yang digunakan pada instalasi listrik.

Misalnya, kalau peralatan di kamar mandi membutuhkan daya sekitar 350watt, maka dapat dipergunakan kabel jenis NYM 3,2,5mm pada instalasi listrik. Selain itu, juga wajib digunakan stop kontak yang memiliki arde, sehingga dapat mencegah efek negatif dari kebocoran arus listrik pada peralatan.

2.     Perhatikan penempatan stop kontak. 

Pada kamar mandi berukuran kecil yang tidak mempunyai area shower yang terpisah, tempatkan saklar di luar kamar mandi. Ini dilakukan agar aman dari percikan air. Pada area kamar mandi yang juga digunakan untuk berhias, letakkan stop kontak di sana.



Karena peralatan elektronik seperti hair dryer, dsb biasanya digunakan pada area ini. Jumlah titik stop kontak dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pilihlah stop kontak berpenutup sehingga lubang kontak terlindung dari percikan air.

Yang terpenting ketika pemasangan adalah pastikan jika semua aliran listrik di rumah anda dalam keadaan mati, agar lebih aman. Semoga bermanfaat/ .
Top