Timbul Bruntusan Seperti ini di Lengan dan Pantat? Ketahui Penyebabnya Segera


Lengan dan pantat Anda tiba-tiba muncul bruntus-bruntus kecil seperti kulit ayam? Tak jarang bruntus-bruntus tersebut terasa gatal dan mengakibatkan ruam kemerahan? Bisa jadi penyebabnya adalah keratosis pilaris. Lantas apa yang menyebabkan masalah kulit ini dan bagaimana cara mengatasinya?

Dilansir dari Merdeka, keratosis pilaris disebabkan oleh penumpukan keratin, protein yang melindungi kulit terhadap pengaruh buruk dari luar. Penumpukan ini membentuk penyumbatan yang menghalangi terbukanya folikel rambut. Inilah yang menyebabkan beruntus-beruntus berwarna terang di permukaan kulit. Jika kamu memiliki kulit kering, besar kemungkinan kamu bakal mengalami keratosis pilaris. Biasanya kondisi ini memburuk pada cuaca dingin dan berangsur pulih saat cuaca lembap.

BACA JUGA : Punya Daki / Bolot di Kulit yang Membandel? Begini Cara Benar Membersihkannya

Sebenarnya keratosis pilaris sama sekali tak berbahaya, hanya menyebabkan sensasi tak nyaman pada kulit. Untuk mengatasinya, gunakan salep yang mengandung bahan keratolitik. "Cari obat kulit yang mengandung bahan keratolitik seperti urea, asam laktat, asam salisilat dan asam glikolat." Dr Jeannette Graf, dokter kulit dan penulis buku Stop Aging, Start Living. Sementara untuk pencegahan, oleskan produk yang mengandung retinoid. Retinoid mampu mencegah penyumbatan pada folikel rambut.

Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan jika kamu mengalami keratosis pilaris:

  1. Jangan menggaruk beruntus-beruntus di kulit dengan kasar, meskipun terasa sangat gatal.
  2. Gunakan air hangat untuk mandi jangan terlalu lama.
  3. Cobalah sabun atau shower cream yang mengandung minyak pelembap ekstra.
  4. Rajin gunakan pelembap di seluruh tubuh.
Dari penjelasan di atas semoga dapat bermanfaat bagi Anda, dan jangan lupa tetap menjaga kebersihan tubuh.
Top