Ternyata Mudah ya, Menghilangkan Jamur dan Lumut di Dinding!

Jamur adalah tanaman spora yang penyebarannya dilakukan lewat udara. Jamur memang sangat suka hidup di area-area lembab, hangat dan sirkulasi udara yang kurang baik. Bukan hanya di hutan atau di luar rumah saja, tapi di dalam rumah pun yang lembab pasti ditumbuhi jamur.

Ternyata Mudah ya, Menghilangkan Jamur dan Lumut di Dinding!
Cara Mudah Hilangkan jamur dan lumut di dinding

Sama hal-nya dengan lumut yang juga menyukai tempat-tempat lembab. Tembok yang sudah ditumbuhi jamur dan lumut pasti akan tampak jelek dan bahkan bisa mersusak tembok tersebut secara perlahan loh! Untuk itu lah, Referensi Rumah punya cara menghilangkan jamur dan lumut pada tembok.

Pertama siapkan dulu bahannya yaitu karbol atau pemutih pakaian, air, sikat, penyemprot, dan sarung tangan. Pertama kenakan sarung tangan agar menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Anda juga dianjurkan memakai masker mulut dan hidung. Buka jendela selama mengerjakan tugas ini.


  1. Buat larutan dari campuran karbol dan air—biasanya dengan takaran 1 bagian karbol dan 3 bagian air. Jika karbol tidak tersedia, Anda bisa memakai cairan pemutih pakaian. 
  2. Semprotkan atau percikkan larutan tersebut pada area yang berjamur. 
  3. Gosok bagian yang berjamur memakai sikat berbulu agak kaku atau kain berserat agak kasar. 
  4. Bilas secara tuntas lalu keringkan. 


Itulah cara yang paling simple dalam menghilangkan jamur di tembok. Apabila kurang maksimal, anda bisa menggunakan cairan khusus anti jamur tembok, namun berhati-hatilah karena cairan tersebut pasti lebih keras dibandingkan cairan karbol atau pemutih pakaian. Semoga bermanfaat.
Top