Ternyata Kipas Angin Bisa Disulap Menjadi AC Portable Loh! Begini Caranya


Di Indonesia hanya ada 2 musim, kalau gak panas ya hujan. Hawa yang panas akan membuat kita gerah dan keringetan. Biasanya untuk mengurangi panas di ruangan bisa menggunakan AC atau kipas angin.




Perbandingan harga antara kipas angin dan AC sangat besar, sehingga hanya orang-orang kaya saja yang mampu untuk membelinya. Tapi tenang saja, Referensirumah.com akan memberikan anda tips bagaimana mengubah kipas angin sederhana menjadi sejuk layaknya AC.

BAHAN:  

1. Sediakan ember air / ember cat bekas / Bak plastik kotak / lainnya yang ada penutupnya.
2. Siapkan kipas angin seadanya yang sekiranya muat untuk dipasang ke dalam ember bagian atas. Bisa kipas angin bulat ataupun kipas angin kotak semacam exhaust fan.
3. Pipa PVC 1 ½” (sekitar diameter 42 mm) dan Gergaji
4.Pensil/pulpen dan Pisau
5. Blok es batu, bisa bikin sendiri ukuran  plastik 1 kiloan, bekukan dalam kulkas anda beberapa buah secukupnya.
6. Pita (opsional)


Langkah - langkah: 

1. Posisikan kipas diatas tutup ember cat, tandai sekeliling dengan pensil. Lubangi bagaian atas tutup ember, sesuai tanda garis pensil tersebut. usahakan pas agar rapat saat dipasang dan angin tidak bocor keluar dari ember saat operasional.



2. Potong Pipa PVC 1 ½” sekitar panjang 70 cm - sebanyak 3 buah.

3. Lubangi ember bagian samping/dinding 3 buah sebesar diameter pipa Pvc 1 ½ inchi, posisikan agak atas. Gunakan pensil untuk membuat lingkaran dan lubangi dengan pisau atau bor bila ada.



4. Pasang 3 Buah potongan pipa tersebut pada 3 lubang yang sudah di buat sebagai Output / Keluarnya udara dingin. Tambahkan ikatan pita plastik atau lainnya pada ujung pipa sebagai sensor bahwa saat dia melambai berarti udara dingin sudah keluar.

5. Masukkan blok es batu ke dalam ember, semakin besar ukuran es batu semakin baik agar awet. Sebagai saran.. es dalam plastik 1 kiloan jangan dilepas plastiknya, masukkan beberapa kedalam ember, setelah beberapa jam cair, masukkan kembali kedalam kulkas dimana es batu cadangan lainnya yang sudah beku di kulkas sebagai pengganti dimasukkan ke dalam ember, jadi es batu tidak akan kehabisan meskipun jangka lama

6. Terakhir tutup ember dengan kipas yang sudah terpasang diatasnya. Nyalakan kipas dan ….



 Sudah jadi... gampang banget kan.. dijamin deh, AC portable ini gak akan kalah sejuk dari AC terkenal lainnya. Semoga bermanfaaat.

sumber: bintangtop
loading...
Top