Ternyata Inilah Rahasia Dalam Merawat Furnitur Kayu Jati Agar Lebih Kuat dan Awet

Furnitur dari kayu jati banyak di pilih karena sifatnya yang istimewa antara lain, tahan terhadap air dan jamur, tahan api, asam dan basa. Hal penting lain yang mempengaruhi dipilihnya kayu jati sebagai perabot rumah tangga adalah keawetan dan kekuatannya.

Ternyata Inilah Rahasia Dalam Merawat Furnitur Kayu Jati Agar Lebih Kuat dan Awet


Tak heran kan, banyak yang memilih jenis kayu ini sebagai perabot rumah tangga. Tapi kebanyakan orang tidak tahu benar bagaimana merawat kayu jati yang benar supaya tetap kuat dan lebih awet. Berikut rahasianya..

1. Pemolesan 

Untuk mendapatkan kayu jati yang mengkilap dan menawan anda bisa menmolesnya terutama bagi anda yang menyukai warna jati alami. Pemolesan bisa anda lakukan dengan minyak jati yang dapat dibeli di toko bangunan kemudian lap dengan kain kering.

2. Selalu berhati-hati 

Ketika anda memindahkan sebuah furnitur dari kayu jati anda harus hati-hati, jangan sekali-kali di tarik atau di geser tapi dengan cara mengangkatnya agar abagian bawah tidak rusak. Perhatikan juga peletakannya. Walaupun hal ini kecil, tapi sangat mempengaruhi umur kayu furnitur kayu jati anda.

3. Pembersihan 

Membersihkannya cukup mudah cukup mengelapnya dengan mengelap atau menggunakan kemoceng. Perhatikan juga bagian-bagian ukiran, bersihkan dengan kain lap basah. Jika perlu gunakan lapisan anti rayap untuk kursi atau meja dari kayu jati agar terhindar dari serangan rayap. Atau anda juga bisa menggunakan pledge  yang bisa dibeli di toko furnitur kemudian lap dengan kain ball.

4. Pelapisan 

Untuk menjaga keindahan warna kayu dan memperpanjang usia proteksi dari lapisan coating, Anda dapat menggunakan biopolis untuk memoles lapisan furniture kayu. Rajin memoles lapisan furniture kayu penting dilakukan terlebih jika Anda meletakan furniture kayu diluar ruangan.

Jadi walaupun kuat, kayu jati juga harus dirawat dan dijaga kebersihannya agar tetap awet dan tidak cepat lapuk. Semoga bermanfaat.
loading...
Top