Ternyata Inilah Cara Membersihkan Blender yang Benar Tanpa Merusaknya

Sesuai namanya, blander adalah alat dapur yang digunakan untuk mencabik kemudian mencampur bahan masakan ataupun buah. Seperti perlatan dapur lain, dispenser juga harus dibersihkan selesai dipakai.

Ternyata Inilah Cara Membersihkan Blender yang Benar Tanpa Merusaknya

Bentuk blender yang unik dan pangkalnya yang tajam membuat nya sulit untuk dibersihkan, apalagi kalau selesai dipakai untuk memblender daging atau sesuatu yang sulit untuk dibersihkan. Membersihkan blender pun juga harus teliti karena ada bagian-bagian yang sulit seperti karet blender. Tapi, dengan cara berikut ini akan memudahkan anda dalam membersihkannya.

Ada 2 ara dalam membersihkannya, cara pertama yaitu masukkan campuran air hangat dan beberapa tetes sabun pencuci piring ke dalam blendernya. Nyalakan kembali blender tersebut dengan kecepatan tinggi selama beberapa menit. Pastikan bagian bawah blender tidak dalam kondisi basah dan dilakukan di tempat yang kering seperti biasanya Anda menggunakan blender tersebut untuk menghaluskan bahan makanan.

Kemudian, buang bekas air cuciannya, lalu masukkan lagi air bersih dan nyalakan lagi blender untuk membilas sisa sabun yang masih menempel di wadah blender. Setelah itu cabut wadah blender untuk dibilas dengan air keran lalu segera keringkan dengan kain lap bersih. Untuk bagian mesin blender, karena tidak bisa dicuci dengan air, maka yang bisa anda lakukan adalah membersihkan dengan lap basah dan dikeringkan dengan lap kering yang bersih.

Cara yang kedua sebenarnya hampir sama, namun dengan bahan yang berbeda. Cara kedua adalah dengan memasukkan satu sendok makan baking soda ke dalam blender, masukkan sekitar satu cangkir air hangat, lalu nyalakan blender anda beberapa saat. Baking soda akan mengangkat kotoran lemak yang menempel pada blender anda. Buang air bekas tersebut dan bilas blender anda sampai bersih seperti langkah pembersihan blender di Cara pertama.

Cukup mudah bukan, tapi ketika membersihkannya jangan lupa untuk membersihkan karet dan berhati-hatilah ketika membersihkan mata pisaunya karena bagian tersebut sangat tajam. Semoga bermanfaat.

Top