Ternyata Desa Hobbit Bukan Hanya di New Zealand Aja! Telusuri Kampung Kurcaci Unik di Purbalingga


Satu lagi wisata berbasis alam hadir memanjakan wisatawan yang datang ke Purbalingga, Jawa Tengah. Tak cuma Lembang, Bandung, Jawa Barat yang punya wisata ala The Hobbit. Wisata ala Desa Shire seperti dalam film fiksi fantasi Lord of the Ring itu bisa dijumpai di Desa Wisata Serang, Kecamatan Karangreja, Jateng. Pengelola desa wisata setempat menyebutnya sebagai sekolah alam Kampung Kurcaci.

Baca juga : Berani Uji Nyali? Naiki Takabisha, Roller Coaster Paling Mengerikan Di Dunia!

Lokasi Kampung Kurcaci sangat sejuk, mirip seperti di Lembang Bandung. Bahkan, suasananya lebih dingin karena berada di kaki Gunung Slamet (3.428 meter di atas permukaan laut (MDPL)). Alam di sekitarnya ditumbuhi hutan pohon damar yang sudah berusia ratusan tahun. Dengan kondisi sejuk dan rindang, wisatawan bakal betah berlama-lama duduk di rumah-rumah pohon atau di bawah rindangnya pohon damar. Sembari bercengkerama dengan keluarga atau sahabat, wisatawan bisa berfoto selfie di berbagai sudut di lokasi seluas 3,5 hektare tersebut.


Kalau kamu main ke Kampung Kurcaci Purbalingga, kamu nggak cuma akan dimanjakan dengan rumah hobbit yang ada di sana. Kampung Kurcaci juga ternyata menyuguhkan pesona indah lainnya. Ada hutan wisata yang bisa kamu nikmati indahnya. Pohon berusia ratusan tahun akan menambah sejuknya suasana kaki gunung Slamet. Di sana juga ada Curug Lawang yang menambah segar suasana Kampung Kurcaci. Berfoto di sana juga jadi pilihan yang tepat. Nah, buat kamu yang berencana ingin berkemah, Kampung Kurcaci Purbalingga juga bisa jadi destinasi camping yang seru.


Ada juga rumah pohon yang bisa jadi spot fotomu. Meski nggak mirip dengan rumah pohon di Kalibiru atau di Batu, namun untuk berfoto di sana nggak kalah indah. Buat kamu yang hobi baca, di Kampung Kurcaci Purbalingga juga ada perpustakaan alam. Kurang asik gimana coba baca buku dengan suasana sejuknya alam. Cikal bakal Kampung Kurcaci ini berawal dari Sekolah Alam yang berdiri di sana. Warga Desa Serang awalnya ingin menarik minat sekolah anak-anak setempat. Oleh karena itu, Sekolah Alam ini didirikan. Dengan anggapan bahwa anak akan bisa lebih rileks dalam belajar jika berada di alam terbuka.

Baca juga : Spotted Lake, Keunikan Danau Polkadot Kanada dalam Dunia Punya Cerita

Nah, untuk lebih menarik minat anak-anak bersekolah di sana, dibangunlah satu rumah kecil menyerupai rumah Hobbit di Lord of the Ring. Keunikannya tersebut yang membuat anak-anak tertarik bersekolah di sana. Setelah itu nggak cuma anak-anak saja yang datang ke sana. Bahkan banyak wisatawan yang mulai berdatangan dan berfoto di depan rumah Hobbit tersebut. Unggahan foto-foto mereka di sosial media yang membuat Kampung Kurcaci ini ramai.

Mumpung akhir tahun, agendakan berlibur ke sana ya, Guys!
loading...
Top