Tembus Rp 93,2 Trilliun, Facebook kembali menunjukkan keperkasaannya


Facebook kembali menunjukkan keperkasaannya pada kuartal ketiga 2016 ini. Raksasa media sosial itu mencatatkan pendapatan mencapai 7,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 93,2 triliun, seperti yang dilansir dari kompas.com.

Angka tersebut menujukkan bahwa pendapatan Facebook naik pesat. Dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu, kenaikan yang terjadi mencapai 50 persen.

Sebagimana dilansir Kompas.com dari The Verge dan diteruskan oleh wajibbaca.com, dari total pendapatan itu tercatat keuntungan bersih sebesar 2,37 miliar dollar AS atau sekitar Rp 31,1 triliun. 

Nilai tersebut menunjukkan bahwa keuntungan Facebook naik pesat, yaitu 165 persen jika dibandingkan dengan keuntungan bersih pada periode yang sama di tahun 2015.

Hampir seluruh pemasukan tersebut diperoleh dari pengiklan yang ingin produknya dilihat oleh banyak orang. Nilai perolehan dari iklan ini mencakup 84 persen dari total pendapatan per kuartal.

Facebook memang memiliki basis pengguna yang sangat besar, sekitar 1,1 miliar orang per hari. Artinya, iklan yang ditayangkan di raksasa media sosial ini berkesempatan untuk menjangkau banyak orang.

Bisnis utama Facebook pun bertumpu pada iklan, tanpa banyak variasi. Meski demikian, hasil yang diperoleh dari iklan tersebut sudah sangat besar dan menarik minat banyak investor.


Di sisi lain, seiring dengan besarnya pertumbuhan bisnis iklan tersebut, Facebook masih tetap mengagendakan belanja kebutuhan riset dan pengembangan. Pada 2016 ini, perusahaan menyiapkan dana 4,35 miliar dollar atau sekitar Rp 57,1 triliun untuk urusan riset tersebut.

Top