Tak Hanya Nikmat, Kini Gado-gado Betawi Resmi Jadi Warisan Budaya

Siapa nih yang suka gado-gado? Makanan lezat dengan siraman bumbu kacang ini memang nikmat, jadi tak ayal jika banyak penggemarnya.



BACA JUGA: Banyaknya Pejabat Korupsi yang Tertangkap di Indonesia, Bikin Malaysia Iri, Lalu Bikin Meme Kocak. Netizen: "Bullshit"

Ada kabar gembira nih buat Para gado-gado lovers, makanan asal Betawi itu kini resmi ditetapkan sebagai warisan Budaya Takbenda Indonesia 2016.

Dikutip Wajibbaca dari Indozone, Gado-gado juga ditemani soto Betawi sebagai predikat warisan budaya. "Gado-gado Betawi ditetapkan menjadi Warisan Budaya karena memiliki sejarah panjang," kata Ketua Tim Ahli Warisan Budaya Takbenda Indonesia Pudentia MPSS seperti dikutip dari laman Antara.

Pudentia menjelaskan hal itu sama seperti masakan khas Korea yakni Kimchi, yang memiliki sejarah panjang sejak zaman perang. "Pada saat perang, penduduk Korea memikirkan bagaimana caranya makanan bisa awet dalam waktu lama. Sehingga lahirlah Kimchi," papar Pudentia di Jakarta.

Tahun ini, ada 150 karya budaya yang ditetapkan menjadi Warisan Budaya Takbenda. Termasuk diantaranya Gado-gado dan Soto Betawi, serta Bakpia.  Selalu cintai produk dalam negeri ya, terutama makanan, agar tidak dicuri lagi oleh negara lain.
loading...
Top