Subhanallah, Kalimat-kalimat Ini Dipandang Mulia Disisi Allah dan Malaikat-Nya. Baca Yuk!



Membacanya mungkin adalah perkara yang mudah, namun untuk mengamalkannya dan bersitiqomah akan menjadi sebuah kesulitan. Meskipun demikian, jika ada niat dan kesungguhan dalam hati maka semua itu akan terasa mudah.

Islam mengajarkan kepada kita untuk melakukan berbagai amalan, mulai dari amalan yang mudah sampai amalan yang berat. Meskipun demikian semua amalan itu akan menjadi mudah jika kita bersungguh-sungguh melakukannya.

BACA JUGA : Sungguh Miris, Kisah Hidup Manusia Albino Yang Hidup Dalam Bayangan Kematian

Sebuah hadist menjelaskan bahwa barang siapa yang menjaga 7 kalimat mulia ini maka ia akan dimuliakan di sisi Allah dan di kalangan malaikat. Allah juga akan menghapus segala dosa-dosa kita, meskipun dosa itu sebanyak buih di lautan. Selain itu, ia akan mendapatkan keharuman dan matinya akan menjadi baik. Pujian kepada Allah sebelum berdoa ini bisa dilakukan sebagai amalan sehari-hari untuk mendekatkan diri pada-Nya.

Berikut ini adalah 7 kalimat yang Dipandang Mulia Disisi Allah & Malaikat :

1. Bismillah
Arti kalimat ini adalah “dengan menyebut nama Allah”. Dalam beberapa dalil diperintahkan kita untuk mengawali segala sesuatunya dengan mengucapkan bismillah agar mendapatkan berkah dari Allah.

2. Alhamdulillah
Arti kalimat ini adalah “segala puji bagi Allah”. Kalimat ini hendaknya diucapkan setelah menyelesaikan segala sesuatunya, baik pekerjaan maupun aktivitas. Selain itu, bacaan hamdalah ini juga bisa diucapkan sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah Ta’ala atas semua nikmat yang diberikan-Nya oleh kita. Oleh karena itu, ucapkanlah kalimat ini karena begitu banyak nikmat yang diberikan Allah.

3. Astaghfirullah
Arti kalimat ini, “saya mohon ampun kepada Allah”. Apabila keluar ucapan yang tidak terpuji maka sebaiknya kita mengucapkan kalimat istighfar ini. Sebagai manusia biasa, pastinya kita melakukan banyak dosa dan kesalahan sehingga kita bisa mengucapkan kalimat ini agar selalu mengingat Allah dan tidak jadi melakukan perbuatan dosa.

4. Insya-Allah
Maksud kalimat ini, “jika Allah menghendaki”. Jika kita hendak melakukan sesuatu di waktu kedepan maka ucapkanlah kalimat ini. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Selain itu, jika kita berjanji maka ucapkanlah kalimat ini terlebih dahulu.

5. Laa haula walaa quwwata illa billahil ‘aliyil a’dziim
Maksudnya, tidak ada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Sang Maha tinggi dan Maha Agung. Ucapkanlah kalimat ini jika datang sesuatu atau perbuatan yang tidak disukai atau yang dibenci.

6. Inna lillaahi wainna ilaihi raaji’un
Maksudnya, “sungguh kami sekalian adalah milik Allah dan kepada Allah kami kembali”. Ucapkanlah kalimat ini jika ditimpa suatu bencana atau musibah.

7. Laa ilaaha illallahu Muhammadur Rasulullah
Arti kalimat ini adalah”Tiada Tuhan selain Allah dan nabi Muhammad adalah utusan Allah”. Hendaknya kita mengamalkan ucapan ini saat siang dan malam hari.

Berdasarkan ketujuh kalimat pujian kepada Allah SWT di atas kita diajarkan untuk selalu mengingat Allah. Ketujuh kalimat ini menunjukkan bahwa kita akan selalu mengingat-Nya dalam keadaan apapun. Cara mengamalkannya pun cukup mudah karena tidak membutuhkan rukun khusus. Kita tinggal mengucapkannya pada waktu dan keadaan yang tepat agar senantiasa dekat kepada-Nya sehingga pertolongan akan datang bagi mereka yang beriman.
Top