Ssstt! Ini Rahasia Sukses Agar Lisan Tak Menjadi Bumerang


Jika ucapan adalah perak, maka diam adalah emas. ungkapan ini seolah mengisaratkan kita bahwa diam menyelamatkan kita. dan diam itu lebih baik dari pada berkata kata tetapi tidak ada manfaat nya. Bahkan lisan memegang peranan penting dari cabang keimanan. amal lisan adalah yg paling bnyak jumlah nya. oleh karenanya islam menekankan akan penting nya menjaga lisan dalam kehidupan sehari hari. Imam al-ghajali rahimahullah memberikan nasehat kepada kita, bahwa lisan sungguh amat besar bahayanya. tidak ada manusia yg bisa selamat dari lisan ini kecuali dengan diam. oleh sebab itu, islam memuji orang yg diam tidak berkata kata kecuali yg keluar dari lisanya ini sebuah perkataan yg baik.

Allah SWT berfirman : ….serta ucapkanlah kata kata yg baik kepada manusia”.(Q.S Al baqarah :83)

Perlu diketahui bahwa sangat penting untuk menjaga agar lisan selalu mengutarakan hal yang baik, dan bukan sesuatu yang nantinya akan menjadi bumerang untuk diri sendiri. berikut ini beberapa cara untuk menjaga lisan dalam Islam.

1. Berdzikir


2. Diam atau Berkata yang bermanfaat


3. Tidak mengejek atau mencemooh


4. Jangan menggibah ( bergunjing )


5. Jangan Berdebat/bertengkar


Oleh karena itu mari kita selalu menjaga diri dari ucapan yg tidak bermanfaat seperti gibah, menceritakan keburukan orang lain maupun berbohong dan menfitnah. banyak berbicara yg tidak bermanfaat membuat hati menjadi keras, jika kita tidak mampu untk menjaga semua itu maka lebih baik diam. dan diam merupakan pilihan paling bijak dan menyelamatkan baik dunia maupun akhirat.
Top