Solusi Bekal Kehidupan Si Kecil, Inilah Enaknya Pondokin Anak di Pesantren


Salah satu kewajiban orangtua kepada anak-anaknya adalah memberikan pendidikan, baik ilmu agama ataupun ilmu dunia. Namun, seringkali orang tua bingung dalam memilih tempat terbaik untuk pendidikan anaknya. Salah satu yang menjadi pilihan adalah dengan mengirim anak ke pondok pesantren sebagai solusi untuk memberi bekal kehidupan bagi si kecil.

Baca juga : Inilah Kesalahan Menghukum Anak yang Biasa Terjadi, Namun Tidak Dibenarkan dalam Islam

Tak hanya ilmu agama yang bisa didapat dari pesantren, melainkan nilai-nilai moral kehidupan, sosialisasi, berorganisasi, kemandirian, dan keterampilan juga diajarkan di pesantren. Sistem pendidikan pondok atau asrama juga sudah diterapkan sejak dulu, dan bukan hanya di negara kita saja, namun di luar negeri juga banyak yang menerapkan sistem yang sama.

Kali ini, kita akan membahas tentang manfaat masuk pondok pesantren. Banyak yang telah merasakan hikmah ketika belajar di pondok. Bukan hanya sebatas ilmu agama dan kurikulum saja, tapi bisa dilihat dalam list berikut ini.

1. Orang tua tenang bekerja tanpa harus memikirkan bagaimana ketika anak pulang sekolah karena sudah berasrama


2. Shalat fardhu dan sunnah si kecil juga terjamin karena memang itulah kewajiban santri


3. Rutin membaca Al-Quran juga tak perlu diragukan lagi. Bahkan buku Islam lain juga pasti dibaca


4. Karena banyak teman-temannya yang menunaikan shalat sunnah, maka anak juga akan ikut termotivasi


5. Mungkin karena jam makan yang teratur, sehingga si kecil lebih bisa bertahan menahan lapar


Baca juga : Bagaimana Cara Menjadi Orang Tua Shalih Teladan? Berikut Tips Mudah Melakukannya

6. Pelajaran pesantren tidak melulu soal agama, budaya mancanegara terkadang juga diajarkan


7. Anak akan terhindar dari perilaku yang tidak baik, jangankan mencoba, menyentuh saja mungkin mereka akan berpikir dua kali


8. Karena diajarkan saling menyayangi sesama, maka buah hati akan merasa sia-sia saja jika memperbesar pertengkaran, si kecil bisa menjadi lebih dewasa


9. Terbiasa tanpa kehadiran orang tua membuat anak menyadari bahwa dia harus bersikap mandiri dan disiplin, serta bertanggung jawab.


10. Berdoa setiap hari membuat mereka yang mondok di pesantren akan selalu ingat dengan orang-orang yang menyayanginya. Para orang tua bisa bangga jika anak selalu mendoakan orang tuanya.


Itulah kelebihan pesantren ketimbang sekolah-sekolah pada umumnya. Untuk itu, jangan ragu untuk pondokin anak di pesantren agar kelak mereka dapat menjadi pribadi yang berilmu serta berakhlak mulia.
loading...
Top